Liga Indonesia

Gusti Randa Jadi Plt Ketum PSSI, Akmal Marhali: Ada Rangkap Jabatan

Selasa, 19 Maret 2019 19:51 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Gusti Randa resmi jadi PLT Ketum PSSI Copyright: © INDOSPORT
Gusti Randa resmi jadi PLT Ketum PSSI

INDOSPORT.COM - Terpilihnya Gusti Randa sebagai Plt Ketum PSSI memunculkan sebuah pro dan kontra untuk para pencinta sepak bola Indonesia. Tak terkecuali Akmal Marhali, seorang Koordinator Save Our Soccer dan pengamat sepak bola nasional.

Sebelumnya, Akmal menilai bahwa terpilihnya Gusti Randa sebagai Plt Ketum PSSI sebagai sebuah pelanggaran Statuta PSSI itu sendiri.

Dalam hal ini, Akmal lebih menekankan dalam konteks struktural bila yang seharusnya menjadi Plt Ketum PSSI adalah Iwan Budianto, bukan Gusti Randa.

“Ada struktur organisasi yang telah dilanggar PSSI. Seharusnya, setelah Edy (Rahmayadi), ke Joko Driyono, dan ke Iwan (Budianto), bukan ke Gusti (Randa),” tuturnya menjabarkan.

Meski begitu, Akmal menjelaskan bila pemilihan Gusti Randa dapat saja terjadi, bila Iwan memang sedari awal enggan menjadi Plt Ketum PSSI, dan semua Exco PSSI setuju akan pemilihan Gusti Randa.

“Kecuali bila Iwan mengundurkan diri, berhalangan tetap atau permanen, anggota exco baru bisa memutuskan untuk memilih salah satu dari mereka. Dan, keputusan yang diambil harus tanda tangan semua exco,” tambahnya.

Selain itu, Akmal juga menyinggung perihal status rangkap jabatan yang kini tengah diemban oleh Gusti Randa. Akmal menilai bahwa kemungkinan Gusti Randa terpilih sebagai Plt Ketum PSSI karena Iwan Budianto sendiri tengah disibukkan dengan proyek Piala Indonesia dan Piala Presiden sebagai Ketua Pelaksana.

“Apakah Iwan mengundurkan diri sehingga diambil keputusan digantikan dengan Gusti? Sejauh ini Iwan sebagai Wakil Ketua Umum justru sibuk menggarap proyek Piala Indonesia dan PialaPresiden sebagai Ketua Pelaksana,” tutur Akmal.

Di sinilah, status Gusti Randa mulai dipertanyakan. Selain karena kini dirinya berstatus sebagai Plt Ketum PSSI, Gusti Randa pun juga menjabat sebagai Komisaris PT Liga Indonesia Baru.

“Gusti (Randa) baru saja diangkat sebagai Komisaris PT Liga Indonesia Baru menggantikan Glen T. Sugita. Rangkap jabatan, tabrak aturan, begitulah PSSI, memang harus segera direvolusi!” tutupnya.

Sekadar informasi, sebelum menguasai PSSI, Gusti Randa bukanlah sosok yang asing di telinga masyarakat Indonesia. Dirinya kerap malang melintang di dunia hiburan Tanah Air, sebagai aktor di awal 1990-an.

Selain dari dunia akting, dirinya juga sudah sekitar satu dekade lamanya berkecimpung dalam dunia sepak bola.

Diawali dengan kiprahnya sebagai salah satu pendiri klub Selebriti FC saat masih aktif sebagai pemain sinetron, Gusti Randa juga pernah menjadi pengurus Persatuan Olahraga Futsal Indonesia (POFI) pada tahun 2009.

Di lingkup PSSI sendiri, Gusti memulai kariernya dengan masuk sebagai Ketua Komisi Disipin Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia/KPSI (2010). Hingga membuatnya dipilih sebagai salah satu anggota tim verifikasi calon Ketua Umum PSSI pada tahun 2011.

Dari situ karier Gusti makin melesat mulus. Berturut-turut mulai dari menjadi Ketua Asprov PSSI DKI Jakarta, Komite Eksekutif PSSI Bidang Hukum, hingga kini menjadi Plt Ketua Umum PSSI berhasil diamanatkan kepadanya.

Terus Ikuti Berita Gusti Randa dan Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT

100