Bola Internasional

Kalahkan Ferguson dan Guardiola, Ini Sosok Pelatih Terbaik Sepanjang Sejarah Sepak Bola

Selasa, 19 Maret 2019 16:15 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Media olahraga yang menginisiasi Ballon d’Or, France Football, baru-baru ini merilis daftar 50 pelatih terbaik sepanjang sejarah sepak bola.

Dalam daftar yang dirilis pada Senin (18/3/19) waktu setempat, nama-nama besar pelatih sepak bola era modern masih menghiasi. Bahkan, sosok seperti Pep Guardiola, Carlo Ancelotti, hingga legenda hidup Manchester United, Sir Alex Ferguson masih masuk ke dalam urutan 10 besar.

Namun menariknya, pada urutan pertama, France Football memberikan status pelatih terbaik sepanjang massa untuk sosok yang cukup asing untuk penggemar sepak bola saat ini. Dia adalah pelatih asal Belanda, Rinus Michels.

Rinus Michels sendiri merupakan mantan pemain Ajax Amsterdam yang dalam karier kepelatihannya pernah menukangi tim-tim besar macam Bayer Leverkusen, Barcelona, Ajax Amsterdam, hingga Timnas Belanda pada puncak kariernya.

Selain deretan trofi yang pernah disumbangkannya bersama beberapa tim tersebut, pemilihan Rinus Michels sebagai pelatih terbaik rasanya juga tak lepas dari warisan permainan yang diberikannya dan saat ini masih sangat melegenda, yakni sistem permainan total football.

Selain nama-nama di atas, dalam daftar 50 besar pelatih terbaik tersebut juga ada nama-nama lain seperti Zinedine Zidane, Jurgen Klopp, Bill Shankly, Matt Busby, hingga Antonio Conte.

© Istimewa
Pelatih terbaik sepak bola Francis Copyright: IstimewaPelatih terbaik sepak bola Francis

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%