Liga Indonesia

PSIS Semarang Dukung Penggunaan VAR di Liga 1 2019

Selasa, 19 Maret 2019 11:02 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Pemain PSM Makassar mengontrol bola dari pemain PSIS Semarang. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Pemain PSM Makassar mengontrol bola dari pemain PSIS Semarang.

INDOSPORT.COM - Wacana dan usulan penggunaan teknologi Video Assistant Referee (VAR) di kompetisi Liga 1 2019 terus bermunculan. Penggunaan VAR disebut-sebut bisa menunjang kinerja wasit, sehingga jalannya pertandingan akan lebih fair.

Kali ini, dukungan datang dari CEO PSIS Semarang, AS Sukawijaya. Menurutnya, penggunaan VAR untuk Liga 1 sudah diperlukan dan cukup mendesak untuk segera dilakukan operator kompetisi.

"Pastinya dengan penggunaan VAR, kinerja wasit akan lebih terbantu. Misalnya tidak akan lagi ada protes-protes ini pelanggaran dan penalti atau tidak. Saya rasa teknologi itu perlu dijalankan di sepak bola kita," ungkap pria yang akrab disapa Yoyok itu kepada INDOSPORT, Selasa (19/03/19) pagi.

Yoyok memaparkan, VAR juga digunakan untuk mengurangi potensi gesekan yang biasanya terjadi karena keputusan wasit yang dianggap kontroversial. Dengan demikian, pria yang juga anggota DPRD Jawa Tengah itu berharap semua gesekan itu bisa hilang dengan penerapan VAR di Liga 1 mendatang.

"Langkah ini (penggunaan VAR) juga sebagai langkah memperbaiki citra sepak bola Indonesia. Artinya, diharapkan jalannya kompetisi kita nanti akan lebih bersih dan fair," tegas Yoyok.

VAR sendiri saat ini banyak digunakan dalam kompetisi sepak bola Eropa seperti Liga Champions. Namun sejumlah kompetisi di tingkat Asia Tenggara juga berencana menerapkan sistem itu, seperti di Liga Vietnam.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT