Bola Internasional

Ronaldo Atlet Paling Populer di Dunia, Messi Nomor Berapa?

Selasa, 19 Maret 2019 10:08 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© GettyImages
Ekspresi emosional dari pemain megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo. Copyright: © GettyImages
Ekspresi emosional dari pemain megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo.

INDOSPORT.COM – Megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo berhasil mengalahkan olahragawan lainnya untuk menjadi atlet paling populer di dunia 2019 berdasarkan survei yang dilakukan ESPN.

Keputusan itu berdasarkan hasil rangkuman penilaian tiga faktor utama yakni endorsement, hasil pencarian di Google, dan jumlah pengikut di media sosial.

Untuk bab endorsement, ESPN telah bekerja sama dengan Forbes. Hasil pencarian terbanyak didapat dari Google dengan mengambil rata-rata jumlah pencarian terkait nama atlet di internet dan akun olahragawan yang paling populer di media sosial.

Ronaldo telah meraup 27,8 juta poundsterling (Rp525 miliar) dari endorsement, skor pencarian terbanyak mencapai 100 angka, dan jumlah pengikut sebanyak 148 juta orang di media sosial (medsos), angka ini bisa terus bertambah.

Sementara posisi kedua ditempati bintang LA Lakers, LeBron James dengan total Rp738 miliar dari endorsement, rata-rata pencarian google menyentuh angka 47, serta diikuti 45,3 juta orang di medsos.

Lionel Messi yang merupakan saingan berat Ronaldo di dunia sepak bola menempati urutan ketiga dengan mendapatkan untung sebesar Rp396 miliar dari endorsement, angka pencarian di internet 54, serta memiliki pengikut 103,1 juta orang di medsos.

Untuk posisi keempat dan kelima diduduki oleh Neymar dan Conor McGregor. Sementara ada pemain sepak bola lainnya yang masuk dalam deretan 20 atlet terpopuler di dunia.

Ialah Paul Pogba (12), Kylian Mbappe (14), Antoine Griezmann (16), dan Mesut Ozil (19). Posisi lainnya didominasi oleh atlet tenis dan juga beberapa bintang NBA.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM