Liga Indonesia

Polemik Laga Uji Coba Timnas Kontra Myanmar, Untung atau Rugi?

Kamis, 21 Maret 2019 06:55 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Coro Mountana
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Para pemain Timnas Indonesia tertunduk lesu usai melawan Filipina. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Para pemain Timnas Indonesia tertunduk lesu usai melawan Filipina.

INDOSPORT.COM - Tim nasional Indonesia akan melakoni partai uji coba internasional berlabel FIFA Matchday kontra Myanmar, Senin (25/3/19). Sejumlah polemik muncul terkait untung dan rugi pertandingan ini bagi skuat Garuda.

Pasalnya, timnas yang notabene membutuhkan perubahan usai gagal total di Piala AFF 2018 lalu, malah harus berhadapan dengan Myanmar. Bukan lawan sepadan mengingat pertemuan terakhir berujung skor telak 3-0 untuk Evan Dimas dkk.

Secara kualitas, pertandingan ini jelas merugikan Indonesia, sebab skuat Garuda tak mendapat lawan yang pas untuk menguji hasil latihan mereka selama di Australia.

Di sini lain, duel yang akan berlangsung di stadion Mandalar Thiri ini sangat penting bagi Indonesia dari segi ranking FIFA. Bukan rahasia bila timnas ingin memperbaiki peringkatnya.

Saat ini, Myanmar berada di peringkat ke-138, lebih baik ketimbang Indonesia yang berada jauh di bawahnya. Kemenangan tentu akan berdampak besar bagi ranking FIFA.

Indonesia diketahui menempati peringkat ke-159 dengan raihan 1.003 poin, terpaut cukup jauh dari Vietnam (99) sebagai negara ASEAN berperingkat tertinggi di ranking FIFA dengan koleksi 1.229 poin.

Tak hanya peringkat FIFA, pertandingan nanti juga bisa memberi keuntungan bagi mental para pemain lantaran berlangsung di markas Myanmar.

Timnas memang cukup superior saat bermain di kandang sendiri, namun belum pernah teruji kala bertanding di markas lawan. Pertandingan away kontra Myanmar bisa menjadi pelajaran yang berharga bagi pasukan Simon McMenemy.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Timnas Indonesia dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

56