Liga Indonesia

1 Cara yang Bisa Diambil PSSI untuk 'Selamatkan' Ezra Walian

Jumat, 22 Maret 2019 12:07 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Instagram Ezra Walian
Ezra Walian saat melawan Myanmar di Stadion Pakansari. Copyright: © Instagram Ezra Walian
Ezra Walian saat melawan Myanmar di Stadion Pakansari.

INDOSPORT. COM - PSSI ternyata masih punya harapan untuk menyelamatkan Ezra Walian dari larangan FIFA yang tidak memperbolehkannya membela Timnas Indonesia.

Peluang yang ada tersebut hanya bisa diwujudkan dengan satu cara. PSSI harus bisa mengirimkan informasi atau bukti dokumen pendukung tentang Ezra Walian yang diperlukan dan sesuai aturan FIFA.

Hal ini juga tertuang pada surat keputusan FIFA yang melarang Ezra Walian bermain untuk Timnas Indonesia. FIFA masih membuka lebar pintu bagi PSSI untuk mengupayakan status Ezra Walian. 

FIFA sejatinya juga sudah mengakui kalau Ezra Walian telah melakukan naturalisasi menjadi warga negara Indonesia. Namun, semua kembali terganjal lantaran Ezra Walian sebelumnya telah lebih dulu memperkuat Belanda U-17.

"Dalam dokumen disebutkan bahwa pemain (Ezra Walian) berpindah kewarganegaraan Indonesia pada 20 Maret 2017, sebagaimana ditetapkan oleh Presiden Indonesia tertanggal 20 Maret 2017, juga berdasarkan dokumen yang dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia pada 18 Mei 2017," bunyi surat keputusan FIFA.

"Ezra Walian tidak berhak untuk meminta berpindah Asosiasi merujuk kepada fakta bahwa dia pindah kewarganegaraan Indonesia setelah bermain dalam laga internasional di kompetisi resmi pertamanya sebagai salah satu perwakilan dari tim Belanda," lanjut pernyataan di surat tersebut.

PSSI sendiri memang berencana untuk mengambil langkah memperjuangkan Ezra Walian. Akan tetapi, untuk sekarang, PSSI hanya akan menghormati kebijakan yang telah diambil FIFA.

“PSSI menghormati keputusan FIFA. Namun, kita masih punya peluang untuk challenge terkait status Ezra,” kata Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria.

Sementara itu, sosok Ezra Walian sebelumnya sudah pernah melakoni laga internasional bersama Timnas Indonesia. Ia pernah tampil berlaga ketika menghadapi Myanmar (21 Maret 2017), serta SEA Games 2017 Malaysia.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Informasi Seputar Timnas Indonesia di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
33%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
33%
IDS Emoticon Marah
Marah
33%