Liga Indonesia

FIFA Keluarkan Surat Resmi, Ezra Walian Tak Boleh Membela Timnas Indonesia

Jumat, 22 Maret 2019 10:02 WIB
Penulis: Zainal Hasan, Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Lanjar Wiratri
© Indosport
Ezra Walian tidak boleh lagi membela Timnas Indonesia Copyright: © Indosport
Ezra Walian tidak boleh lagi membela Timnas Indonesia

INDOSPORT. COM - Ezra Walian dipastikan tidak boleh lagi membela Timnas Indonesia untuk selama-lamanya. Hal ini menyusul surat resmi yang dikeluarkan oleh FIFA untuk pemain sepak bola Indonesia berdarah Belanda itu.

Ya, Ezra Walian sebelumnya diterpa masalah terkait status kewarganegaraannya. Pemain jebolan Ajax Amsterdam itu dahulu pernah membela Belanda U-17, sehingga kini mengganjal statusnya untuk membela Timnas Indonesia U-23 di ajang kualifikasi Piala Asia U-23 2020.

Ezra Walian sendiri memang merupakan pemain Indonesia yang berasal dari program naturalisasi. Sosok Ezra Walian sebelumnya diketahui berpaspor Belanda.

FIFA lantas sudah mengambil kebijakan terkait status Ezra Walian. Keputusan yang ada, FIFA telah melarang Ezra Walian membela Timnas Indonesia untuk selama-lamanya.

Keputusan ini tertuang pada surat FIFA tertanggal 21 Maret 2019, yang ditandatangani oleh Football Regulatory Director FIFA, Omar Ongaro, dan Head of Players Status, Erika Montemor Ferreira. Surat itu juga telah dikirimkan kepada Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

"Ezra Walian tidak berhak untuk meminta berpindah Asosiasi merujuk kepada fakta bahwa dia pindah kewarganegaraan Indonesia setelah bermain dalam laga internasional di kompetisi resmi pertamanya sebagai salah satu perwakilan dari tim Belanda," bunyi pernyataan di surat tersebut.

Melihat keputusan FIFA tadi, Ezra Walian pun juga dipastikan tidak bisa memperkuat Timnas Indonesia U-23 di ajang sepak bola kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Padahal, nama Ezra Walian sudah didaftarkan ke dalam skuat Timnas Indonesia U-23 racikan Indra Sjafri.

Sosok Ezra Walian sendiri sebelumnya sudah pernah melakoni laga internasional bersama Timnas Indonesia. Ia pernah tampil berlaga ketika menghadapi Myanmar (21 Maret 2017), serta SEA Games 2017 Malaysia.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Timnas U-23 Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
20%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
80%