Bola Internasional

Mengingat Kiprah Ezra Walian Bersama Timnas Belanda di Level Junior

Jumat, 22 Maret 2019 08:31 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Pictobank/Getty Images
Ezra Walian Copyright: © Pictobank/Getty Images
Ezra Walian

INDOSPORT.COM - Ezra Walian tengah menjadi sorotan usai terancam gagal membela Timnas Indonesia U-23 di ajang kualifikasi Piala AFC U-23 2020 di Vietnam.  

Alasannya, hingga kini pemain naturalisasi itu belum juga disahkan oleh pihak AFC karena teganjal masalah izin bermain. 

Media officer Timnas Indonesia, Bandung Saputra, mengabarkan jika status Ezra Walian masih menggantung dan menunggu izin FIFA, sebabnya Ezra pernah bermain untuk Timnas Belanda U-17.

Ezra Walian memang diketahui pernah bermain untuk Timnas Belanda U-17, tepatnya di kualifikasi Piala Eropa U-17 tahun 2013 lalu. 

Pemain kelahiran 22 Oktober 1997 itu membela Timnas Belanda di level kunior pada pertandingan level A (meliputi laga kulifikasi di bawah UEFA). Menilik data situs Transfermarkt, pemain kelahiran RKC Waalwijk itu telah bermain dua kali.

Salah satunya adalah melawan San Marino, 19 Oktober 2013. Saat itu Ezra main 40 menit dan mencetak lima gol dalam kemenangan 12-0 yang diraih Tim Oranje. 

Setelah melawan San Marino, Ezra kembali diturunkan pada pertandingan melawan Georgia. Pada laga itu ia bermain 54 menit namun tak mencetak gol. 

Ezra sejatinya cukup sering membela Timnas Belanda di level junior, termasuk U-15 dan U-17.

Di segala kategori umur, Ezra total telah bermain sebanyak 12 kali dan mengemas 11 gol. Sebuah statistik yang baik untuk seorang striker. 

© Internet
Caption Copyright: InternetEzra Walian (kanan) saat berseragam Timnas Belanda.

Namun, sebelum menembus tim senior, pemain binaan Ajax Amsterdam ini memutuskan pindah kewarganegaraan menjadi Indonesia. Di Indonesia sendiri ia telah bermain sebanyak lima kali. 

Terus Ikuti Perkembangan Timnas Indonesia U-23 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM 

113