Liga Indonesia

FIFA Larang Ezra Walian Bela Timnas Indonesia, Ini Pernyataan Resmi PSSI

Jumat, 22 Maret 2019 11:17 WIB
Penulis: Zainal Hasan, Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT. COM - Federasi sepak bola Indonesia, PSSI, telah memberikan pernyataan resmi soal kabar FIFA yang melarang Ezra Walian membela Timnas Indonesia.

Melalui Sekjen-nya, Ratu Tisha Destria, PSSI secara tegas telah menyatakan sikap menghormati kebijakan yang diambil FIFA. Meski begitu, PSSI tetap ingin mengambil langkah untuk memperjuangkan status Ezra Walian.

“PSSI menghormati keputusan FIFA. Namun, kita masih punya peluang untuk challenge terkait status Ezra,” kata Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria.

FIFA sebelumnya memang telah merilis surat resmi kebijakan melarang Ezra Walian bermain untuk Timnas Indonesia. Surat tersebut tertanggal 21 Maret 2019, yang ditandatangani langsung oleh Football Regulatory Director FIFA, Omar Ongaro, dan Head of Players Status, Erika Montemor Ferreira.

Isi dari surat tadi pada intinya berbunyi bahwa Ezra sudah tak boleh lagi membela Timnas Indonesia. Hal ini disebabkan, status Ezra Walian di FIFA sudah lebih dulu tercatat sebagai pemain sepak bola berkebangsaan Belanda.

"Ezra Walian tidak berhak untuk meminta berpindah Asosiasi merujuk kepada fakta bahwa dia pindah kewarganegaraan Indonesia setelah bermain dalam laga internasional di kompetisi resmi pertamanya sebagai salah satu perwakilan dari tim Belanda," bunyi pernyataan di surat tersebut.

Kebijakan FIFA terbilang memiliki efek langsung terhadap persiapan Timnas Indonesia U-23 jelang kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Ezra Walian telah diproyeksikan untuk ikut ajang ini, namun semua batal karena keputusan FIFA tadi.

Jadi, tinggal ditunggu saja bagaimana respons dari PSSI selanjutnya terkait kasus Ezra Walian yang dilarang oleh FIFA. Tapi yang utama, jelas Timnas Indonesia harus bisa berjaya, baik dengan ataupun tanpa Ezra Walian.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Timnas U-23 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT