Bola Internasional

Legenda Argentina Eks Pelita Jaya: Maradona vs Messi Tak Ada Habisnya

Jumat, 22 Maret 2019 17:48 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Dua legenda sepak bola Argentina, Lionel Messi dan Diego Maradona. Copyright: © Getty Images
Dua legenda sepak bola Argentina, Lionel Messi dan Diego Maradona.

INDOSPORT.COM - Legenda Argentina, Mario Kempes, ikut buka suara soal drama Diego Maradona vs Lionel Messi yang tak kunjung usai. Topik tersebut diakuinya masih menjadi buah bibir publik Argentina dan Spanyol, bahkan hingga sekarang.

“Apa masalah orang-orang di sini dan di Spanyol soal Maradona dan Messi? Mereka bisa membahas hal itu seharian, berusaha membanding-bandingkan keduanya,” kata Kempes, seperti diberitakan laman berita sport Give Me Sport.

Pemain yang pernah membela Pelita Jaya FC (sekarang Madura United) itu pun berusaha menimbang faktor yang menurutnya membuat Maradona dan Messi berbeda, meski tidak dipungkiri keduanya sama-sama tokoh besar sepak bola negeri Tango.

Kempes merasa penilaian terhadap Maradona dan Messi selama ini kurang adil mengingat mereka hidup dan berkarier di dua masa berbeda. Ia pun lebih memilih memandang posisi keduanya dari sudut pandang lain yang lebih objektif.

“Secara pribadi, saya akan menggambarkan mereka sesuai eranya masing-masing. Maradona tidak punya rival saat itu, beda dengan Messi,” ucap pria yang pernah memenangkan Piala Dunia 1978 bersama Timnas Argentina tersebut.

Menurut Kempes, pesaing terberat Messi yang paling pertama adalah Ronaldinho. Setelah itu, muncul seorang Cristiano Ronaldo yang sampai sekarang masih berstatus pemain aktif dan selalu menjadi ancaman bagi Messi di berbagai kesempatan.

“Namun di tengah situasi yang dihadapinya, dia (Messi) tidak pernah berhenti menunjukkan penampilan terbaiknya. Seperti yang kita lihat sekarang ini, Messi adalah pemain terbaik dunia,” kata Kempes lagi.

Perdebatan Maradona vs Messi sudah lama menjadi konsumsi publik, terlebih lagi lantaran Maradona sudah pernah memenangkan Piala Dunia 1986, sedangkan penampilan Messi di Timnas Argentina dianggap tidak seimpresif saat ia bermain untuk Barcelona.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM