Liga Spanyol

Ahli Genetika Klaim Temukan Cara Untuk Mengkloning Messi

Sabtu, 23 Maret 2019 15:31 WIB
Penulis: Bagas Rahadian | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Twitter
Selebrasi Lionel Messi usai Mencetak gol. Copyright: © Twitter
Selebrasi Lionel Messi usai Mencetak gol.

INDOSPORT.COM - Era keemasan Lionel Messi dapat dibilang hampir mendekati akhir dengan bintang Barcelona itu kini telah menapaki karier senior sebagai seorang pemain sepak bola.

Namun, publik sepak bola nampaknya tidak perlu berkecil hati atas realita tak terhindarkan tersebut, karena terdapat kemungkinan bahwa dunia sepak bola masih bisa menyaksikan seroang Lionel Messi di masa depan.

Dilansir dari media berita olahraga BeinSport, seorang spesialis genetika, Arcadi Navarro, mengklaim dapat menciptakan Messi yang baru melalui proses kloning dengan menggunakan praktik saintifik tertentu. Alhasil, kelak di masa depan akan didapati Messi kedua yang memiliki rupa dan potensi yang sama di sepak bola.

''Ya, Messi bisa dapat diklon menggunakan teknik khusus,'' ujar Navarro yang juga merupakan kepala dari lembaga penelitian genetik Eropa.

''Itu akan sangat mirip dengan Messi dari segi penampilan. Seolah akan seperti kembaran yang kami bekukan selama 20 hingga 30 tahun,'' jelas Navarro kembali.

Meski demikian, Navarro turut menjelaskan bahwa kiprah sepak bola seorang kloning Messi tidak akan bisa sepenuhnya menyerupai Messi yang asli. 

Hal tersebut, menurut Navarro, dikarenakan kehebatan Messi saat ini tidak sekadar dipengaruhi oleh DNA yang dimilikinya, melainkan juga hasil usaha keras Messi semasa hidupnya.

''Individu ini akan memiliki potensi yang sama dengan Messi, tapi genetik hanya satu komponen. (Faktor) lainnya adalah pendidikan dan lingkungan,'' jelas Navarro kembali.

''Messi tidak menjadi seperti sekarang hanya karena faktor genetik, tapi karena apa yang ia telah lalui di hidupnya, pendidikannya, latihannya di La Masia, dan perawatan yang ia jalani,''

''Genetik hanya memberikan kita potensi, sisanya adalah bagaimana upaya kita,'' pungkasnya.  

Ikuti Terus Kabar Seputar Sepak Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM