Liga Indonesia

Dihajar Thailand, Ini 5 Kesalahan yang Perlu Dibenahi Timnas U-23

Sabtu, 23 Maret 2019 07:30 WIB
Editor: Coro Mountana
© INDOSPORT/Yooan Rizky Syahputra
Indonesia vs Thailand Copyright: © INDOSPORT/Yooan Rizky Syahputra
Indonesia vs Thailand

INDOSPORT.COM - Bak petir di siang bolong yang menyambar Stadion My Dinh National Stadium, Vietnam. Tim nasional Indonesia U-23 babak belur dihajar Thailand dengan skor telak 0-4 di laga pembuka Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2020, Jumat (22/3/19).

Padahal, Indonesia U-23 sempat merasakan euforia dengan mengalahkan lawan yang sama di final Piala AFF sebulan yang lalu. Euforia itu seketika berubah menjadi sedih, kecewa, rasa geram, dari para suporter Indonesia U-23.

Berondongan empat gol Thailand yang berasal dari brace Supachai, Shinnaphat, dan Supachok, sudah lebih dari cukup untuk membuat suporter timnas U-23 patah hati. Permainan kelas juara Piala AFF U-22 sudah tak terlihat lagi semalam.

Terdapat banyak penjelasan mengapa Indonesia U-23 bermain kurang greget melawan Thailand. Setidaknya ada lima kesalahan yang mungkin dapat menjelaskan mengapa pasukan Indra Sjafri tampil begitu buruk di laga perdana Kualifikasi Piala Asia 2020.

Berikut INDOSPORT coba mengulas lima kesalahan yang perlu dibenahi oleh timnas Indonesia U-23.

Kurang Tenang

Kesalahan pertama yang sangat terlihat jelas adalah kurang tenangnya para penggawa Indonesia U-23 di atas lapangan. Seringkali para pemain melakukan pelanggaran yang tidak perlu.

Pelanggaran demi pelanggaran dilakukan karena mereka cenderung tidak sabar untuk segera merebut bola dari kaki pemain Thailand. Personel yang selama ini dikenal paling tenang, Luthfi Kamal, bahkan sempat menerima kartu kuning.

Rasa frustasi, kecerobohan, dan gugup bercampur aduk membuat timnas U-23 terus bermain di bawah tekanan Thailand. Puncaknya, pelanggaran Rachmat Irianto di kotak terlarang yang memaksa wasit menghadiahkan penalti kepada Thailand sekaligus membunuh semangat bertanding Indonesia. 

IDS Emoticon Suka
Suka
17%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
17%
IDS Emoticon Marah
Marah
67%