Bola Internasional

Terungkap! Ini Rencana Ezra Walian Usai Dilarang FIFA Bela Timnas Indonesia

Sabtu, 23 Maret 2019 11:39 WIB
Penulis: Zainal Hasan, Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Arum Kusuma Dewi
© ezrawalian
Ezra Walian saat jalani latihan Copyright: © ezrawalian
Ezra Walian saat jalani latihan

INDOSPORT.COM – Ezra Walian mengungkap rencana berikutnya usai gagal tampil di kualifikasi Piala Asia U-23 2020 bersama Timnas Indonesia.

Pemain keturunan Belanda ini akan berusaha menyelesaikan permasalahan administrasi yang menimpanya dan berharap bisa kembali memperkuat Timnas Indonesia di masa mendatang.

“Rencana saya selanjutnya terbang ke Belanda dan kembali ke klub saya,” ujar Ezra Walian kepada awak media olahraga, Sabtu (23/03/19).

“Saya tahu butuh kerja keras untuk bisa menyelesaikan segalanya agar bisa bermain lagi. Tapi saya masih bisa membela Timnas Indonesia di masa mendatang. Itu tidak masalah.”

Ezra Walian diterpa masalah terkait status kewarganegaraannya. Ia pernah membela Belanda U-17 sehingga tidak bisa membela Timnas Indonesia U-23 di kualifikasi Piala Asia U-23 2020.

Keputusan itu tertuang pada surat FIFA tertanggal 21 Maret 2019 yang ditandatangani oleh Football Regulatory Director FIFA, Omar Ongaro, serta Head of Players Status, Erika Montemor Ferreira dan diterima Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria.

FIFA menyatakan bahwa pelarangan Ezra Walian untuk membela Timnas Indonesia merujuk kepada Statuta FIFA pasal 8 ayat 1 yang menjelaskan seorang pemain sepak bola yang telah bermain di laga resmi internasional, maka telah memiliki status kewarganegaraan dari tim yang dibelanya tersebut.

Ezra Walian pernah bermain untuk Timnas Belanda U-17 di ajang kualifikasi Piala Eropa U-17 2014 menghadapi Georgia dan San Marino pada Oktober 2013. Bukti itulah yang sepertinya memperkuat larangan dari FIFA.

Meskipun begitu, PSSI masih bisa mengajukan banding kepada FIFA dengan mengirim surat-surat penting yang dianggap mendukung status WNI Ezra Walian.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Timnas Indonesia U-23 dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM