Bola Internasional

Waspada Kutukan Timnas U-23! Kalah di Laga Pembuka Berarti Tersingkir?

Sabtu, 23 Maret 2019 10:25 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© PSSI
Skuat Timnas Indonesia U-22 di laga final Piala AFF melawan Thailand. Copyright: © PSSI
Skuat Timnas Indonesia U-22 di laga final Piala AFF melawan Thailand.

INDOSPORT.COM – Kualifikasi Piala Asia U-23 nyatanya memiliki kutukan yang cukup merugikan Timnas Indonesia U-23. Karena hampir tidak ada tim yang mampu lolos ke Piala Asia setelah menelan kekalahan di laga perdana.

Situasi ini pun bisa menimpa Timnas Indonesia U-23. Seperti yang diketahui, Garuda Muda menelan kekalahan telak 0-4 atas Thailand di pertandingan pembuka Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2020.

Dengan begitu, Timnas Indonesia U-23 pun terancam menerima kutukan tak akan mendapatkan tiket ke Piala Asia U-23 2020. Garuda Muda pun harus menunjukkan bahwa mereka mampu mematahkan kutukan tersebut.

Sejak 2016 lalu, tidak ada tim yang mampu lolos setelah tumbang di laga perdana. Itu juga pernah dirasakan Thailand saat bersaing di Kualifikasi Piala Asia U-23 2018 lalu. Mereka justru tak mampu meraih satu kemenangan pun di ajang tersebut.

Namun pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2013 lalu, terhitung ada tiga tim yang mampu lolos meski kalah di pertandingan awal. Tim-tim tersebut adalah Oman, Yaman, dan Kuwait.

Oman dan Yaman sendiri berhasil mendapatkan tiket ke Piala Asia 2013 dengan cara yang terbilang susah payah. Karena mereka harus melewati jalur peringkat ketiga terbaik di Kualifikasi Piala Asia U-23 2013.

Sedangkan Kuwait berhasil menyapu bersih pertandingan dengan kemenangan setelah menelan kekalahan di laga awal. Sekedar informasi, saat itu Kuwait dipaksa menyerah 0-1 atas Iran di laga awal.

Dengan begitu, Timnas Indonesia U-23 pun terbilang masih ada harapan. Tim asuhan Indra Sjafri tersebut setidaknya harus meniru perjalanan Oman, Yaman, dan Kuwait di Kualifikasi Piala Asia U-23.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 Lainnya di INDOSPORT

522