Bola Internasional

Hasil Lawan Brunei Tak Dianggap, Vietnam Terancam Tak Lolos ke Piala Asia U-23 2020

Senin, 25 Maret 2019 12:06 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Nguoi Dua Tin
Park Hang Seo, profesor di balik kebangkitan sepak bola Vietnam. Copyright: © Nguoi Dua Tin
Park Hang Seo, profesor di balik kebangkitan sepak bola Vietnam.

INDOSPORT.COM - Kemenangan Vietnam U-23 atas Timnas sepak bola Indonesia U-23 pada pertandingan keduanya di Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2020, Minggu (25/03/19) lalu di My Dinh Stadium mampu membawa mereka ke peringkat dua, di bawah Thailand dengan poin yang sama (6 poin).

Namun kemenangan Vietnam U-23 tersebut nyatanya tak mampu membuat mereka berada di posisi aman untuk memastikan satu tiket lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2020.

Hal itu karena Vietnam masih berada di posisi bawah, di antara 11 negara lainnya yang kini bersaing untuk mendapatkan tiket lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2020 sebagai empat atau lima runner-up terbaik.

Posisi Vietnam U-23 hanya satu strip dari Hong Kong yang ada di urutan buncit dengan poin satu. Dalam klasemen runner-up terbaik ini, Vietnam U-23 kini mengoleksi tiga poin dan selisih gol +1, sebuah raihan yang sama dengan Oman, Malaysia, dan Bahrain.

Sementara dalam urutan teratas klasemen runner-up terbaik, Australia masih memimpin dengan tiga poin dan selisih gol +6. Di bawahnya ada Myanmar yang hanya berbeda selisih gol, yakni +4.

© Wikipedia
Posisi runner-up kualifikasi Piala Asia U-23 2020 Copyright: WikipediaPosisi runner-up kualifikasi Piala Asia U-23 2020

Dalam daftar klasemen runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 itu, semua tim baru dihitung menjalani satu pertandingan, padahal di Grup masing-masing mereka sudah dua kali main.

Hal itu terjadi karena Federasi Sepak Bola Asia (AFC) menerapkan aturan bahwa poin dan gol yang dihitung, tak dihitung ketika melawan negara yang ada di urutan buncit grup masing-masing.

Aturan yang dibuat AFC ini demi sebuah keadilan, menyusul mundurnnya Pakistan U-23 dan membuat Grup F Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 hanya dihuni tiga negara, 

Sebagai contoh, pada laga perdana Vietnam U-23 mengalahkan Brunei U-23 dengan skor telak 6-0, poin dan skor tersebut tak dihitung dalam klasemen runner-up terbaik kualifikasi Piala Asia U-23 2020.

Ini terjadi karena Brunei Darussalam langsung berada di posisi juru kunci, meskipun Indonesia kalah 0-4 dari Thailand di laga sore harinya (Indonesia unggul jumlah kemasukan gol).

Poin perolehan Vietnam baru mulai terhitung ketika Vietnam berhasil mengalahkan Indonesia dengan skor 1-0, yang berada di posisi ketiga Grup K, pasca Thailand memastikan Brunei sebagai tim juru kunci Grup K dengan kemenangan telak 8-0 di laga sore harinya.

Dengan posisi tersebut, maka mau tak mau Vietnam harus bisa mengalahkan Thailand di pertandingan terakhirnya, untuk bisa lolos langsung sebagai pemuncak Grup K kualifikasi Piala Asia U-23 2020.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Kualifikasi Piala Asia U-23 Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
73%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
9%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
18%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%