Liga Champions

Hadapi Messi, Solskjaer Bisa Contek Kiat Jitu ala Sir Alex Ferguson

Selasa, 26 Maret 2019 10:43 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Momen Sir Alex Ferguson bersama Ole Gunnar Solskjaer yang masih menjadi pemain Manchester United. Copyright: © Getty Images
Momen Sir Alex Ferguson bersama Ole Gunnar Solskjaer yang masih menjadi pemain Manchester United.

INDOSPORT.COM - Ole Gunnar Soslkjaer bisa mengambil referensi dari Sir Alex Ferguson tentang kiat menghadapi Lionel Messi, ketika nanti Manchester United bertemu Barcelona di babak 8 besar Liga Champions 2018/19 bulan April mendatang.

Messi merupakan salah satu pemain sepak bola tangguh bagi siapa saja lawannya di lapangan hijau. Menghadapi salah satu primadona sepak bola dunia, Solskjaer tentu harus mencari cara agar Messi tidak merepotkan skuat Manchester United nanti.

Sebelum Solskjaer, Ferguson sudah terlebih dahulu berhadapan dengan Messi saat final Liga Champions 2008/2009 dan 2010/11, yang mana kedua laga tersebut dimenangkan Barcelona. Berkat pengalaman pada masa itu, Ferguson pun sudah belajar banyak.

Menurutnya, tim lawan harus menghalangi pergerakan Messi dengan memasang bek tengah yang andal. Ferguson menilai Messi tidak akan banyak berkutik jika bermain sedikit ke samping dan hal tersebut mungkin bisa dipertimbangkan Solskjaer.

“Anda butuh bek tengah yang siap menghadang tepat di depan Messi dan tidak mengkhawatirkan apa pun yang terjadi di belakangnya,” kata Ferguson dalam autobiografinya yang dirilis pada tahun 2013, seperti dikutip laman berita sport Manchester Evening News.

“Baiklah, dia akan bergerak ke samping tapi tidak apa-apa. Dia tidak terlalu mengancam di bagian samping ketimbang saat menyerang masuk lewat tengah,” tambahnya.

Ferguson berencana memasang Chris Smalling bersama Phil Jones atau John Evans (sekarang di Leicester City) untuk menangani Messi jika Manchester United bertemu Barcelona lagi. Sayang ia belum sempat mewujudkannya lantaran sudah memutuskan pensiun.

Namun keinginan tersebut bisa saja dilanjutkan oleh Solskjaer yang akan menyambut Barcelona di leg pertama pada 10 April 2019. Ia dan skuat Manchester United akan bertandang ke Camp Nou untuk leg kedua pada 16 April 2019. 

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Champions Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%