Liga Indonesia

Menangi Laga Debut, Begini Pengakuan Pelatih Asing Timnas Indonesia

Selasa, 26 Maret 2019 10:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Petrus Manus Da'Yerimon/Indosport.com
Pelatih Timnas Indonesia senior, Simon McMenemy. Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/Indosport.com
Pelatih Timnas Indonesia senior, Simon McMenemy.

INDOSPORT.COM - Pelatih tim nasional Indonesia, Simon McMenemy, berhasil melewati laga debut dengan baik. Pelatih berkebangsaan Skotlandia itu membawa skuat Garuda menang 2-0 atas tuan rumah Myanmar di Stadion Mandalar Thiri, Senin (25/3/19) kemarin.

Dua gol Indonesia disumbangkan Greg Nwokolo memanfaatkan assist Stefano Lilipaly pada menit ke-41, sedangkan gol kedua dicetak Ilija Spasojevic lewat titik putih menyusul pelanggaran lawan terhadap M. Rahmat di kotak penalti lima menit menjelang bubaran.

Simon menilai laga debutnya tidak berjalan mudah, apalagi ia dihadapkan dengan tuntutan menang. Namun, segala kekhawatiran itu tak terjadi lantaran para pemain mampu menjalankan instruksi dan menerjemahkan apa yang dilatih selama dua minggu terakhir dengan sangat baik.

"Kami bekerja keras untuk menang dan saya tahu ini adalah debut saya dan saya mengerti ini sangat besar tanggung jawabnya, tapi kami bermain dengan baik. Semua berjalan sesuai dengan keinginan saya. Sungguh kemenangan yang bagus," kata Simon.

Simon menjelaskan para pemainnya mampu menjalankan strategi yang dipilih sesuai dengan kelebihan masing-masing, terutama dari sisi kecepatan guna mendongkrak lini depan. Pola 4-4-2 diamond dan 3-4-3 ala sepak bola modern nyatanya mampu membuat mereka bermain luwes dan menguasai jalannya laga.

"Saya senang dengan pola main kami 4-4-2 diamond, dan kami telah berlatih dengan keras di latihan," ucap Simon. 

"Selain itu ada 3-4-3 yang juga bagus. Hal ini tentu positif jadi kami tidak sabar buat laga selanjutnya. Akan tetapi, saat ini kami harus kembali dan beristirahat terlebih dahulu," urai eks pelatih Bhayangkara FC itu. 

Agenda Indonesia berikutnya masih cukup lama sekitar tiga bulan lagi. Mereka akan menyambangi Taiwan guna melakoni uji coba resmi FIFA pada 3 Juni mendatang.

Ikuti Terus Perkembangan Sepak bola Indonesia dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT