Bola Internasional

Usai Kalahkan Myanmar, Peringkat FIFA Timnas Indonesia Naik?

Selasa, 26 Maret 2019 09:21 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Yohanes Ishak
© PSSI
Skuat Timnas Indonesia saat melawan Timnas Myanmar dalam laga uji coba internasional FIFA, Senin (25/03/19). Copyright: © PSSI
Skuat Timnas Indonesia saat melawan Timnas Myanmar dalam laga uji coba internasional FIFA, Senin (25/03/19).

INDOSPORT.COM – Peringkat FIFA Timnas sepak bola Indonesia berpeluang naik usai mengalahkan Myanmar 2-0, Senin (25/03/19), di Mandala Thiri Stadium.

Perhitungan poin yang didapatkan oleh Timnas Indonesia dari hasil pertandingan internasional level A dapat diperkirakan dengan menggunakan formula yang mengacu pada empat faktor.

Empat faktor tersebut ialah hasil pertandingan (3 poin untuk kemenangan), pentingnya pertandingan (1 poin), kekuatan lawan (62 hasil dari nilai 200 dikurangi peringkat Myanmar [saat ini Myanmar di peringkat 138]), dan kekuatan konfederasi AFC (0,85 poin). Seluruh nilai faktor tersebut dikalikan dan akan menghasilkan poin di ranking FIFA.

Menurut perhitungan INDOSPORT, Timnas Indonesia diperkirakan akan memperoleh poin sebanyak 158,1 dari hasil perkalian nilai empat faktor di atas.

Dengan tambahan 158,1 poin, Timnas Indonesia diperkirakan total mendapatkan 1161 poin dari sebelumnya 1003 angka. Timnas Indonesia bisa melesat jauh ke posisi 130 sampai 140-an dari peringkat saat ini 159.

Akan tetapi, kalkulasi tersebut belum mempertimbangkan hasil yang didapatkan negara-negara lain yang melakoni pertandingan internasional.

Timnas senior Indonesia tampil perkasa di kandang Myanmar. Anak asuh Simon McMenemy tampil terbuka dengan formasi 3-4-3.

Gol yang dinanti datang pada menit ke-41 lewat sepakan menyusur tanah Greg Nwokolo. Myanmar sempat mendapatkan penalti beberapa menit berselang, namun Andritany Ardhiyasa mampu menghalaunya.

Timnas Indonesia mendapatkan hadiah penalti pada penghujung babak kedua. Ilija Spasojevic dengan dingin menceploskan bola ke gawang Myanmar.

Kemenangan 2-0 atas tuan rumah Myanmar mewarnai debut gemilang Simon McMenemy sebagai pelatih. Timnas Indonesia tahun ini dihadapkan dengan agenda kualifikasi Piala Dunia 2020 akhir bulan Desember.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Timnas Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
33%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
67%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%