Bola Internasional

Termasuk Indonesia, Ini Negara ASEAN yang Pernah Merasakan Atmsofer Piala Dunia

Kamis, 28 Maret 2019 16:44 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Isman Fadil
© INDOSPORT
Empat negara Asia Tenggara yang pernah main di Piala Dunia U-20. Copyright: © INDOSPORT
Empat negara Asia Tenggara yang pernah main di Piala Dunia U-20.

INDOSPORT.COM - Sepanjang sejarah cukup banyak negara asal ASEAN termasuk Timnas Indonesia yang mampu tampil di ajang Piala Dunia, terutama di level U-20. Negara mana sajakah itu?

Melansir dari laman resmi FIFA, kompetisi sepak bola terbesar kategori umur 20 tahun ini telah dimulai sejak tahun 1977 silam dan Uni Soviet yang menjadi kampiun dalam gelaran perdana tersebut.

Memasuki Piala Dunia U-20 ke-29 yang bakal berlangsung di Polandia mulai tanggal 23 Mei hingga 15 Juni mendatang, menarik untuk disimak sejarah keikutsertaan negara-negara kawasan ASEAN dalam turnamen itu.

Pada gelaran Piala Dunia U-20 2019 nanti, benua Asia hanya akan diwakilkan empat negara yakni Qatar, Jepang, Korea Selatan dan Arab Saudi.

Timnas Indonesia U-19 sendiri sempat berpeluang lolos, namun sayang pada Piala Asia U-19 2018 lalu mereka kalah di babak perempatfinal, sedangkan syarat tampil di Piala Dunia U-20 adalah menjadi semifinalis Piala Asia U-19 2018.

Dari 28 edisi yang telah dijalani, setidaknya ada empat negara asal ASEAN yang pernah tampil di Piala Dunia U-20 termasuk salah satunya Timnas Indonesia.

Lebih lengkapnya, berikut INDOSPORT.COM coba mengulas daftar beberapa negara ASEAN yang pernah merasakan atmsofer Piala Dunia.

1. Timnas Vietnam U-20 

Sebelumnya, Vietnam U-19 berhasil lolos hingga ke partai semifinal Piala Asia U-19 2016 di Bahrain, hasil tersebut membuat mereka berhak mendapat satu tiket ke babak penyisihan Piala Dunia U-20 2017 di Korea Selatan.

Sayangnya nasib Vietnam hanya mampu sampai di fase grup. Tergabung di Grup F bersama Prancis, Honduras, dan Selandia Baru, Vietnam hanya meraih satu poin saat melawan Selandia Baru dan gagal mencetak satu gol pun plus enam kali kebobolan.