Liga Inggris

Liga Primer Inggris Kampanyekan Sepak Bola Anti-Rasisme

Kamis, 28 Maret 2019 21:00 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Yohanes Ishak
© Daily Mail
Colin Wing, pria yang dilingkari merah, meminta maaf ke Sterling setelah melecehkan secara rasis. Copyright: © Daily Mail
Colin Wing, pria yang dilingkari merah, meminta maaf ke Sterling setelah melecehkan secara rasis.

INDOSPORT.COM – Kompetisi sepak bola teratas Liga Inggris, Premier League, meluncurkan kampanye yang memerangi segala tindakan berbau rasisme bertajuk ‘No Room fro Racism’ selama bentrokan pekan depan.

Menurut laporan dari Sport Mirror, kampanye tersebut disebarkan oleh Kick It Out, sebuah organisasi yang selama 25 tahun lamanya sangat vokal terhadap persamaan ras di sepak bola Inggris. 

Kick It Out akan menempatkan kampanye ‘No Room for Racism’ ini dalam bentuk iklan dan spanduk di stadion tempat laga Premier League berlangsung dan di media sosial dari hari Sabtu 30 Maret hingga Senin 8 April 2019.

Itu artinya, akan ada beberapa pertandingan besar Premier League yang berkesempatan untuk berperan untuk menebarkan maksud dari kampanye anti-rasisme itu, termasuk laga yang melibatkan tim-tim tangguh seperti, Manchester United, Manchester City, Arsenal, Liverpool dan Chelsea. 

Langkah tersebut langsung disambut positif oleh sejumlah pegiat anti-rasisme di Inggris. Namun, di sisi lain, Kick It Out juga sempat kecewa dengan upaya Liga Primer Inggris di dalam menangani isu rasisme di lapangan sejauh ini.

Pada musim 2018/19 saja, ada banyak insiden pelecehan ras yang dialami para bintang sepak bola Inggris. Pelecehan terhadap pemain Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang dan bintang Manchester City, Raheem Sterling disebut menjadi insiden paling ramai diperbincangkan.

Bukan hanya di lapangan sepak bola, pelecehan ras terhadap pemain sepak bola juga mulai merambah ke dunia jejaring sosial. Tentunya, ini akan semakin menyulitkan FA Inggris dan Liga Inggris sendiri di dalam menangani kasus rasisme.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT