Bola Internasional

Peter Withe, Pelatih Asing Penemu Pemain ‘Harta Karun’ Timnas Indonesia

Kamis, 28 Maret 2019 15:57 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT
Peter Withe, pelatih asing penemu pemain Timnas Indonesia Copyright: © INDOSPORT
Peter Withe, pelatih asing penemu pemain Timnas Indonesia

INDOSPORT.COM - Jauh sebelum Indra Sjafri, seorang Peter Withe telah mampu menghadirkan seorang pemain muda yang bisa menjadi andalan Timnas Indonesia.

Belakangan ini nama Indra Sjafri terkenal sebagai pelatih yang kerab menemukan bakat-bakat pemain muda yang bisa menjadi andalan Timnas Indonesia, seperti Egy Maulana Vikri hingga Rivaldo Todd Ferre. Jauh sebelumnya mantan pelatih Timnas Indonesia di media 2000an, Peter Withe, juga mampu melakukan hal serupa.

Bahkan tak berlebihan rasanya jika apa yang dilakukan Peter Withe saat itu disebut sebagai hal yang memberikan dampak besar bagi sepak bola Indonesia.

Bagaimana tidak, baru beberapa bulan ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia di tahun 2004, pria kelahiran Liverpool itu dengan beraninya memberikan kepercayaan untuk pemain 18 tahun untuk jadi andalan lini depan Timnas Indonesia di Piala AFF 2004, Boaz Solossa.

Tanpa pengalaman di level tertinggi sepak bola indonesia, bakat alami seorang Boaz mampu dihadirkan Peter Withe menjadi ancaman menakutkan lawan-lawan Indonesia di Piala AFF 2014. Total empat gol mampu diciptakan pemuda kelahiran 16 Maret 1986 tersebut.

Itu belum termasuk peran besarnya dalam memberikan assist dan mengobrak-abrik pertahanan lawan Timnas Indoensia di Piala AFF 2004.

Setelah Piala AFF 2004 itu, Boaz pun terbukti mampu berkembang menjadi pemain andalan di Timnas Indoensia hingga beberapa tahun ke depan. Termasuk menjadi legenda hidup Persipura Jayapura dengan sumbangan empat gelar juara Liga Indoneisa.

IDS Emoticon Suka
Suka
17%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
67%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
17%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%