Liga Indonesia

Jawaban Komite Wasit Soal VAR di Liga 1 2019

Jumat, 29 Maret 2019 17:58 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Lanjar Wiratri
© Getty Images
Liga 1 VAR (Video assistant referee) Copyright: © Getty Images
Liga 1 VAR (Video assistant referee)

INDOSPORT.COM – Anggota Komite Wasit PSSI, Purwanto memberi jawaban soal wacana penggunaan Video Assistant Referee (VAR) di kompetisi sepak bola Indonesia.

Purwanto sangat setuju dengan kehadiran VAR, baik di Liga 1 maupun Liga 2. VAR dinilai dapat membantu kinerja perangkat wasit di atas lapangan.

“Saya sangat setuju dengan adanya VAR untuk membantu kinerja perangkat pertandingan. Itu mudah-mudahan tahun ini bisa,” ungkap Purwanto kepada INDOSPORT, Jumat (29/03/19).

Ditanya soal terobosan baru perangkat pertandingan jelang musim kompetisi baru termasuk VAR, Purwanto menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada PSSI selaku federasi sepak bola Indonesia.

“Itu nanti urusannya dengan federasi kalau VAR. Kalau saya sangat setuju dengan adanya VAR karena membantu kinerja perangkat pertandingan.

VAR terus menjadi perbincangan pecinta sepak bola Indonesia di tengah maraknya pengaturan skor dan keputusan wasit yang dianggap berat sebelah.

Desakan tersebut kian menjadi-jadi setelah keputusan kontroversial wasit Thoriq Alkatiri yang mengesahkan gol tangan Tuhan Patrich Wanggai pada 8 besar Piala Presiden 2019 Persija vs Kalteng Putra, Kamis (28/03/19), di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Teknologi baru bernama VAR dianggap sebagai solusi yang bisa mengurangi risiko tersebut. VAR sebenarnya telah hadir di kompetisi amatir.

Kompetisi lokal di Kota Kembang bertajuk Bandung Premier League dan Piala Menpora berjenjang telah menggunakan teknologi VAR.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Indonesia dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

2