Liga Indonesia

Membandingkan Statistik Jupe dan Bojan Malisic di Persib, Siapa Lebih Hebat?

Jumat, 29 Maret 2019 13:37 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Achmad Jufriyanto resmi tinggalkan Persib Bandung. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Achmad Jufriyanto resmi tinggalkan Persib Bandung.

INDOSPORT.COM - Klub sepak bola Indonesia, Persib Bandung, dikabarkan akan mencoret satu pemain asing untuk memberi ruang kepada rekrutan anyar jelang bergulirnya Liga 1 2019.

Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar mengatakan, harus ada satu pemain asing yang dikorbankan jika timnya kembali mendatangkan legiun asing non-Asia.

Selain itu, Umuh juga mengungkapkan bahwa dirinya memiliki keinginan untuk mendatangkan mantan pemainnya, Achmad Jufriyanto.

Kehadiran Jupe nantinya membuat nama bek asing Bojan Malisic disebut bakal dicoret oleh Persib Bandung. Terlepas dari itu, Malisic merupakan pemain andalan Persib Bandung di jantung pertahanan pada kompetisi Liga 1 2018. 

Namun, jika dibandingkan dengan Achmad Jufriyanto apakah Bojan lebih baik? Untuk mengetahuinya, kita bisa melihat statistik kedua pemain selama membela Persib. 

Achmad Jufriyanto membela Persib dalam dua era. Pertama, pada tahun 2013-2015, dan kedua tahun 2017. 

Selama membela Maung Bandung tahun 2013-2015, pemain yang akrab disapa Jupe ini mencantatkan 50 penampilan dan mencetak dua gol. Pada masa ini, Jupe mempersembahkan juara Liga Indonesia dan Piala Indonesia. 

Setelah sempat membela Sriwijaya, Jupe kembali lagi ke Persib tahun 2017. Pada Liga 1 2017 ia mencatatkan 36 penampilan dan mencetak dua gol. Total, Jupe bermain di Persib sebanyak 86 kali dengan koleksi empat gol.

Sementara itu, Bojan Malisic baru mulai membela Persib pada tahun 2018. Pada 2018 ia mencatatkan 26 penampilan dan mencetak dua gol. 

Sama seperti Jupe, Bojan menjadi pilihan utama di lini pertahanan. Namun, karena cedera, Bojan kehilangan delapan laga di Liga 1. 

Kedua pemain pada dasarnya sama-sama menjadi pilar di Persib Bandung. Namun, jika melihat statistik yang ada, Jupe sedikit lebih unggul dari Malisic. 

Mengapa? Jupe tiap musimnya sanggup membela Persib lebih dari 30 laga. Selain itu, ia juga tak hanya main sebagai bek tengah, namun bisa ditempatkan sebagai gelandang bertahan. 

Terlebih lagi Jupe sudah terbukti dengan membawa Maung Bandung juara Liga Indonesia. 

Sementara bagi Malisic, ia menjalani musim yang kurang maksimal. Selain karena faktor cedera, ia juga gagal membawa performa Persib ke tiga besar musim lalu. Plus, ia sering terkena hukuman kartu kuning. 

Ikuti Perkembangan Sepak Bola Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

59