Liga Indonesia

Pemain Berdarah Indonesia Bongkar Proses Naturalisasi Dirinya Jadi WNI

Sabtu, 30 Maret 2019 05:30 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© VI Images via Getty Images
Joey Suk saat membela Go Ahead Eagles. Copyright: © VI Images via Getty Images
Joey Suk saat membela Go Ahead Eagles.

INDOSPORT.COM - Salah satu pemain sepak bola Indonesia keturunan Eropa, Joey Suk baru saja membongkar sudah sejauh mana proses naturalisasi dirinya menjadi WNI (Warga Negara Indonesia).

Status proses naturalisasi Joey Suk menjadi WNI diungkapkan oleh sang gelandang pada media olahraga Kroasia, cityportal.hr beberapa waktu lalu.

Joey Suk memang merupakan salah satu pemain keturunan Indonesia yang berkarier di sepak bola Eropa. Bahkan dirinya juga 'ngebet' untuk segera dinaturalisasi.

Namun, setelah namanya masuk dalam salah satu pemain yang akan dinaturalisasi bersamaan dengan Diego Michiels dan Ruben Wuarnabaran pada 2011 lalu, kelanjutannya tak lagi terdengar.

Kepada media olahraga Kroasia, Joey Suk pun membongkar proses naturalisasi menjadi WNI, saat dirinya diwawancarai secara khusus. Dia mengutarakan bahwa segalanya masih dalam proses.

© Instagram/@joeysuk
Joey Suk. Copyright: Instagram/@joeysukJoey Suk, pemain berdarah keturunan Indonesia yang main di liga tertinggi Kroasia.

"Saya belum menjadi WNI, warga negara Indonesia, tapi saya harap tidak lama lagi. Proses naturalisasi sedang berjalan, saya harap segera selesai," ucap Joey Suk saat ditanyai warga negara yang sekarang dia pegang.

Pada Juli 2018, Joey Suk memang bergabung bersama klub Kroasia, HNK Gorica dan menandatangani kontrak berdurasi dua tahun lamanya.

Bersama HNK Gorica di kasta tertinggi sepak bola Kroasia, Joey Suk tampil cukup sering dengan mencatat 20 kali penampilan, dia mencetak empat gol dan dua assist.

Untuk proses naturalisasi, darah Indonesia memang mengalir dalam diri Joey Suk. Dia mendapatkannya dari sang Ibu yang berasal dari Indonesia.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Informasi Seputar Timnas Indonesia di INDOSPORT

498