Liga Europa

Pemain Berdarah Indonesia, Sandy Walsh Awali Perjalanan ke Liga Europa 2019/20

Senin, 1 April 2019 06:20 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© INDOSPORT
Sandy Walsh, pemain berdarah Indonesia yang sedang berjuang untuk main di Liga Europa 2019/20 mendatang. Copyright: © INDOSPORT
Sandy Walsh, pemain berdarah Indonesia yang sedang berjuang untuk main di Liga Europa 2019/20 mendatang.

INDOSPORT.COM - Salah satu pemain berdarah Indonesia yang sedang proses naturalisasi dan ingin membela tim nasional Indonesia, Sandy Walsh baru saja memulai perjalanannya ke Liga Europa musim 2019/20 mendatang.

Sandy Walsh memang salah satu pemain keturunan Indonesia yang saat ini sedang tampil reguler bersama klub kasta tertinggi Liga Belgia, Zulte Waregem. Dia baru saja memulai perjalanannya ke Liga Europa musim depan.

Sepak bola Belgia memang punya regulasi khusus untuk menentukan tim-tim mana saja yang mewakili mereka di kompetisi Eropa, khususnya Liga Europa setiap musimnya.

Menurut situs resmi federasi sepak bola Belgia, footbel.be, dari 16 peserta Liga Utama Belgia, enam tim teratas akan masuk ke babak play-off 1 untuk menentukan siapa yang menjadi juara Liga Belgia.

Sementara itu, peringkat ketujuh hingga 15, akan melakoni babak play-off 2 untuk menentukan siapa yang layak mewakili Belgia di Liga Europa musim depannya.

© Liga Europa
Liga Europa Copyright: Liga EuropaLiga Europa

Sembilan tim yang berasal dari Liga Utama Belgia akan bertarung bersama tiga tim teratas dari kasta kedua untuk bisa lolos ke Liga Europa. Mereka dibagi ke dalam dua grup, yang masing-masing diisi oleh enam tim.

Nah, klub yang dibela oleh Sandy Walsh ini berada di Grup B dan baru saja memainkan partai perdana mereka kontra Waasland-Beveren, Minggu (31/03/19) kemarin.

© twitter.com/SandyWalsh_
Sandy Walsh saat melakukan selebrasi usai mencetak gol untuk klubnya di Liga Belgia. Copyright: twitter.com/SandyWalsh_Sandy Walsh saat melakukan selebrasi usai mencetak gol untuk klubnya di Liga Belgia.

Walsh cs. harus puas ditahan imbang di kandangnya sendiri dan saat ini mengantongi satu poin di urutan ke-4 klasemen sementara Grup B babak play-off 2. Zulte Waregem masih bisa menempati urutan pertama Grup B babak play-off 2 untuk bisa melenggang ke babak penyisihan berikutnya.

Pasalnya, dari babak play-off 2 ini hanya akan diambil juara masing-masing grup dan akan lanjut ke semifinal. Hingga nantinya, pemenang dari play-off 2 ini akan langsung ke putaran kedua kualifikasi Liga Europa.

Semoga Walsh bisa mengantarkan Zulte Waregem mewakili Belgia di Liga Europa musim depan mengingat klubnya berhasil mencapai final play-off 2 musim 2017/18, namun kalah dari KRC Genk di final.

Dengan isu Walsh akan segera naturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), tentu bermain di kompetisi sekelas Liga Europa akan membuat masyarakat Tanah Air berbangga.

Terus Ikuti Berita Pemain Sepak Bola Naturalisasi dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

147