Liga Indonesia

Tradisi Piala Presiden, Persebaya dan Arema FC Paling Favorit Juara

Senin, 1 April 2019 09:45 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT
Persebaya Surabaya vs Arema FC Copyright: © INDOSPORT
Persebaya Surabaya vs Arema FC

INDOSPORT.COM – Juara turnamen pramusim sepak bola Indonesia, Piala Presiden, rupanya mengikuti sebuah tradisi yang unik dari tahun ke tahun.

Tanpa dibilang utak-atik gathuk, Persebaya Surabaya dan Arema FC menjadi tim terfavorit untuk meraih trofi Piala Presiden 2019.

Pencalonan tersebut atas dasar statistik yang terbukti sahih setiap gelaran Piala Presiden. Statistik menunjukkan, juara Piala Presiden biasanya diraih oleh tim dengan raihan gol paling banyak sepanjang turnamen.

Pada edisi perdana, Persib Bandung meraih juara dan sekaligus menjadi tim terproduktif sepanjang turnamen dengan torehan 19 gol dalam 8 pertandingan atau rasio 2,37 gol per laga.

Tahun 2017, Arema FC meraih juara dan tampil paling produktif dengan torehan 18 gol dalam 7 pertandingan atau rasio 2,57 gol per laga.

Pada Piala Presiden 2018, Persija Jakarta menjadi juara dan mampu menorehkan 18 gol sepanjang turnamen dengan rasio 2,57 gol per laga.

Jika melihat statistik gol empat semifinalis Piala Presiden 2019, Persebaya Surabaya dan Arema FC menjadi dua tim yang paling ganas saat ini.

Arema FC unggul perolehan gol untuk sementara dengan 13 memasukkan dalam 4 pertandingan (rasio 3,25 gol per laga), sementara Persebaya Surabaya 9 gol dari 4 pertandingan (rasio 2,25 per laga).

Persebaya Surabaya dan Arema FC berpeluang berjumpa di partai final. Bajul Ijo harus melewati hadangan Madura United terlebih dahulu, sedangkan Arema FC akan ditantang tim kuda hitam, Kalteng Putra.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Indonesia dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

433