Bola Internasional

Kompleks Panaad, Lokasi Duel Persija vs Ceres-Negros yang Bebas Nyamuk

Selasa, 2 April 2019 13:53 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Attracttour
Pohon eukaliptus memenuhi kawasan stadion Panaad markas Ceres-Negros. Copyright: © Attracttour
Pohon eukaliptus memenuhi kawasan stadion Panaad markas Ceres-Negros.

INDOSPORT.COM - Stadion Panaad akan menjadi lokasi pertandingan Persija Jakarta di laga ketiganya di Piala AFC 2019 ketika menghadapi Ceres-Negros, Rabu (3/4/19).

Bermain di stadion yang juga menjadi kandang Timnas Filipina, tentu bukan menjadi hal yang mudah buat Persija Jakarta. Statistik memperlihatkan bahwa sejak 2017 Ceres-Negros, baru menelan satu kekalahan dalam 12 laga di Stadion Panaad di turnamen kancah Asia.

Namun, di luar catatan tersebut, Stadion Panaad juga menawarkan hal menarik ke penggawa Persija Jakarta, staff pelatih hingga Jakmania yang akan hadir ke sana. Yakni pengalaman bermain atau menonton pertandingan di kawasan stadion yang pasti akan bebas dari keberadaan nyamuk dan serangga.

Kondisi demikian terjadi karena di Stadion Panaad yang tepat berada dalam Kompleks Olah Raga Panaad itu banyak ditumbuhi tanaman eukaliptus. Tanaman tersebut  memenuhi kawasan Kompleks Olah Raga Panaad yang seluas 25 Hektare.

Dalam data wikipedia, di dalam area seluas 25 hektare itu tertanam sekitar 60 ribu pohon eukaliptus yang di kawasan Kompleks Olah Raga Panaad yang dibangun pada akhir 1990-an itu.

Seperti diketahui, pohon eukaliptus merupakan tanaman yang memiliki banyak kegunaan. Dengan aroma dan minyak yang terkadung dalam daunnya, eukaliptus mampu membuat serangga dna nyamuk tak kerasan berada di sekitanya.

© Flickr
Eucalyptus di Panaad Filipina Copyright: FlickrPohon eucalyptus di kawasan Kompleks Olah Raga Panaad Filipina

Selain itu, eukaliptus juga bagus dalam proses salinisasi tanah karena sifatnya yang mudah dalam menyerap air dengan baik.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Piala AFC 2019 Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%