Liga Inggris

Darurat Bek, Arsenal dan Tottenham Rebutan Jebolan Akademi Man United

Rabu, 3 April 2019 10:25 WIB
Editor: Indra Citra Sena
© Getty Images
Michael Keane dan Idrissa Gueye berbenturan. Copyright: © Getty Images
Michael Keane dan Idrissa Gueye berbenturan.

INDOSPORT.COM - Dua klub London Utara, Arsenal dan Totteham Hotspur, santer dikabarkan sedang bersaing memperebutkan mantan pemain Manchester United, Michael Keane, yang belakangan bersinar bareng Everton.

Keane dibeli Everton dari Burnley musim lalu seharga 25,65 juta pound (sekitar 479 miliar rupiah). Pemain berposisi bek tengah ini hampir selalu menjadi pilihan utama pelatih Marco Silva di kancah domestik.

Sepanjang 2018/19, rasio masuknya nama Keane ke dalam susunan starter Everton mencapai 91 persen. Pemain berkebangsaan Inggris ini mencatat 29 penampilan plus torehan satu gol dan dua assist.

Belum lama ini, Keane juga menjadi pilihan utama tim nasional Inggris dalam laga Kualifikasi Euro 2020 kontra Montenegro yang dimenangi dengan skor telak 5-1. Dia bahkan ikut menyumbang gol lewat sundulan pada menit ke-30 memanfaatkan umpan Ross Barkley.

Dilansir dari situs olahraga Fox Sports Asia, Arsenal dan Tottenham membutuhkan kemampuan Keane sebagai pemain belakang yang mumpuni. Kedua tim memperlihatkan keseriusan dengan mendatangkan pemandu bakat masing-masing ke pertandingan Everton vs West Ham, Minggu (31/03/19).

Arsenal masih membutuhkan tambahan kekuatan di pos bek tengah. Shkodran Mustafi kerap melakukan blunder, sedangkan bek tengah kiri dalam skema tiga bek seringkali ditempati oleh Nacho Monreal yang notabene berlabel bek sayap.

Sementara itu, penurunan performa Tottenham juga salah satunya disebabkan oleh lini belakang. Gol bunuh diri Toby Alderweireld saat melawan Liverpool berujung kekalahan di menit-menit akhir laga, Minggu (31/3/19) kemarin.

Namun, Arsenal dan Tottenham menyadari bahwa proses pembelian Keane tak akan mudah. Banderol 50 juta pound (sekitar 933 miliar rupiah) yang dipatok Everton dipercaya bisa menghambat keinginan merekrut pemain berusia 26 tahun tersebut.

Penulis: Fuad Noor Rahardyan

Ikuti Update Berita Sepak Bola Internasional dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT