Bola Internasional

Ronaldo Sanjung Zidane sebagai Pelatih Cerdas Penjamin Prestasi

Rabu, 3 April 2019 13:40 WIB
Penulis: Ayudya Ratna | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Cristiano Ronaldo (kiri), dan Zinedine Zidane menjadi pria pemain dan pelatih terbaik FIFA 2017. Copyright: © INDOSPORT
Cristiano Ronaldo (kiri), dan Zinedine Zidane menjadi pria pemain dan pelatih terbaik FIFA 2017.

INDOSPORT.COM - Mantan pemain Real Madrid yang kini berseragam Juventus, Cristiano Ronaldo, memuji Zinedine Zidane sebagai pelatih yang cerdas.

Saat masih membela Real Madrid dan dilatih oleh Zidane, Ronaldo berhasil meraih tiga gelar Liga Champions secara berturut-turut (2016-2018). Sebuah catatan yang belum pernah dilakukan oleh klub mana pun.

Dalam film dokumenter tentang sang pelatih berjudul 'Zidane, Realement Madrid', Ronaldo mengakui bahwa pelatih asal Prancis tersebut memang ahli dalam mengelola sebuah klub, terlebih sekelas Real Madrid, di mana banyak pemain bintang yang bersaing untuk mendapatkan tempat utama.

"Menurut saya Zidane adalah seorang pelatih cerdas yang mampu mengorganisasi para pemainnya dengan baik," kata Ronaldo dalam film yang akan ditayangkan salah satu stasiun televisi Prancis, RMC Sport 1, Kamis (4/4/19) esok itu.

"Saat itu situasi tidak terlalu bagus karena banyak pemain kelas dunia yang ingin mendapatkan tempat utama, tapi Zidane tahu bagaimana cara mengatasinya. Dia mengatur semua hal dengan sangat cerdas dan juga melibatkan seluruh pemain." ungkap jebolan akademi Sporting Lisbon tersebut.

Mantan rekan setim Ronaldo di Real Madrid, Sergio Ramos, turut mengamini. Kapten tim nasional Spanyol itu menyoroti kesuksesan Zidane tak hanya saat melatih, melainkan juga ketika masih aktif bermain. 

"Kesuksesan Zidane didapat sejak ia masih menjadi pemain, ketika ia mulai melatih pun kesukseskan seperti tak mau pergi darinya," kata Ramos.

"Dia punya cara sendiri untuk mengubah kemampuannya saat berkarier sebagai pemain ke pelatih. Dia mengerjakan sesuatu yang luar biasa dan prestasi itu bukan hanya kebetulan." ungkap pemain berusia 33 tahun tersebut.

Setelah tiga musim melatih Real Madrid, Zidane sempat mengundurkan diri pada akhir musim lalu. Namun menjelang musim 2018/19 ini berakhir, pelatih berkepala plontos itu kembali dipanggil manajemen untuk menggantikan Santiago Solari yang gagal membawa Los Blancos alias Si Putih (julukan Madrid) ke level tertinggi.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Internasional dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%