Liga Spanyol

Iker Casillas Bandingkan Gaya Melatih Zinedine Zidane dengan Del Bosque

Kamis, 4 April 2019 13:22 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© David Ramos/Getty Images
Vicente Del Bosque dan Iker Casillas Copyright: © David Ramos/Getty Images
Vicente Del Bosque dan Iker Casillas

INDOSPORT.COM – Mantan kiper sekaligus legenda klub sepak bola Real Madrid, Iker Casillas punya penilaian sendiri terhadap dua pelatih yang pernah menangani Real Madrid.

Hal itu diungkapkan Casillas pada sebuah kesempatan saat diminta membandingkan gaya melatih antara Zinedine Zidane dan Vicente Del Bosque.

Penunjukan Casillas adalah hal yang tepat bila ingin membandingkan keduanya. Pasalnya, Casillas telah bermain di Santiago Bernabeu selama 16 tahun dan telah mengenal dua pelatih tersebut sejak lama.

Zidane merupakan rekan Casillas ketika membela Real Madrid pada tahun 2001-2005. Sementara Del Bosque pernah bekerjasama dengan Casillas di Real Madrid pada awal kariernya dan di Timnas Spanyol ketika berhasil mengantarkan La Furia Roja saat menjuarai Piala Dunia 2010 dan Euro 2012.

Casillas menilai Zidane dan Del Bosque sosok yang sukses apabila melatih sebuah tim. Prestasi mencolok dari Zidane, yakni membawa Real Madrid juara 3 kali Liga Champions secara berturut-turut, sementara Del Bosque sukses 2 kali secara berurutan membawa gelar juara dunia dan juara Eropa ke Tanah Matador.

Gaya melatih antara Zidane dan Del Bosque menjadi sorotan kiper berusia 37 tahun tersebut. Mereka berdua disebut mampu mengendalikan tim dan senang mengorbitkan pemain.

“Zidane memiliki hubungan baik dengan pemain bintang dan sangat mendukung pemain tersebut untuk lebih bersinar ke depannya,” ujar Casillas seperti dilansir dari kanal berita olahraga Sportskeeda.

“Gaya Zidane mengingatkan saya dengan Del Bosque, dia senang pemain yang melakukan konferensi pers usai pertandingan yang kami menangkan,” tambah Casillas.

Mungkin kunci Zidane dan Del Bosque memiliki prestasi hebat adalah kedekatannya dengan para pemain, sehingga pemain mudah menjalankan instruksi dari sang entrenador di atas lapangan sepak bola.

Penulis: Alvin Syaptia Pratama

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Spanyol Lainnya Hanya di INDOSPORT