Liga Indonesia

Metode Ice Bath Jadi Andalan Arema FC Atasi Minimnya Recovery

Kamis, 4 April 2019 11:05 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Yohanes Ishak
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Pemain Arema FC saat jalani metode Ice bath Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Pemain Arema FC saat jalani metode Ice bath

INDOSPORT.COM - Arema FC mengandalkan program latihan dengan metode Ice bath, untuk mengatasi problem besar akibat minimnya waktu dalam recovery pemain jelang meladeni Kalteng Putra, Jumat 6 April lusa.

Metode itu langsung dijalani Dendi Santoso dkk, begitu menginjakkan kaki di Banjarmasin, Kalimatan Selatan, Rabu 6 April pagi.

"(Metode) ini kami pilih untuk memulihkan kondisi pemain. Ya, karena minimnya waktu untuk recovery," papar Nanang Tri Wahyudi, SpKO.

Seperti biasanya, setiap pemain mendapat giliran untuk masuk ke dalam kolam buatan. Kaki mereka pun direndam dengan air yang berasal dari sejumlah es balok dengan temperatur yang nyaris mencapai minus derajat Celcius.

"Program ini bertujuan untuk menghilangkan asam laktat atau kelelahan di kaki pemain," Dokter tim Arema FC itu melanjutkan.

Tak hanya itu, anak asuh Milomir Seslija juga menjalani rangkaian program recovery yang tidak terlalu memforsir tenaga di lapangan. Dimulai pada Rabu, program itu akan selesai pada satu hari jelang pertandingan atau ketika menjalani official training di stadion.

"Ada juga metode massage (pijat). Selain itu, ada peningkatan nutrisi (pada asupan makanan) maupun multi vitamin," jelas dia.

Jadwal super padat memang dijalani Arema FC sejak babak 8 besar Piala Presiden. Setelah menjamu Kalteng Putra di Kanjuruhan (2 April), Arema ganti away dalam leg kedua di Stadion 17 Mei, hanya tiga hari berselang.

Ikuti terus Berita Sepak Bola Indonesia dan Berita Olahraga lainnya di INDOSPORT.COM