Liga Indonesia

Exco Akui PSSI Tak Cukup Dana Berangkatkan Timnas Indonesia ke Piala AFF Wanita U-15

Jumat, 5 April 2019 21:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Muhammad Effendi/INDOSPORT
Timnas Wanita U-16 di Piala AFF Copyright: © Muhammad Effendi/INDOSPORT
Timnas Wanita U-16 di Piala AFF

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia tidak ambil bagian dalam kejuaraan Piala AFF Wanita U-15 yang akan diadakan di Chonburi, Thailand pada 9-21 Mei 2019. Indonesia dilaporka menarik diri lantaran tak punya dana untuk membiaya tim.

Kenyataan itu pun tak ditampik oleh salah satu anggota Komite Eksekutif PSSI, Gusti Randa. Ia menjelaskan jika federasi memilih tak memberangkatkan tim karena ada pertimbangan lain yakni mengalokasikan dana tersebut untuk pembinaan, apalagi kejuaraan tahun ini dinilai cukup mendadak.

"Timnas putri Indonesia kita memang punya kendala akhirnya tidak bisa kita berpartisipasi, tidak bisa berangkat karena memang kita lebih ada event lain. Jadi mohon maaf sekali, mungkin tahun depan baru yang U-15 ini kita bisa berangkatkan," katanya.

"Ya tidak lain dan tidak bukan seperti di webnya PSSI kan, kita kekurangan dana untuk itu. Itu aja sih. PSSI punya duit, tapi kan tentunya program-progran itu tidak bisa dadakan," imbuhnya.

Gusti Randa mengatakan konsentrasi PSSI saat ini adalah membangun kompetisi sepak bola wanita dan mempersiapkan Timnas wanita yang menjalani kualifikasi Olimpiade 2020. 

"Bisa bayangkan saja kalau satu tim itu sama official itu berangkat sekitar 25 orang itu, lalu ongkos pesawat kita tahu memang mahal, ya keberangkatan itu sekitar ratusan juta,"

"Belum lagi kan cost disananya, jadi memang PSSI punya program prioritas sehingga ada keterbatasan sehingga tidak berangkat. Kalau ditanya harganya itu sangat bervariatif, tergantung juga jarak tempuhnya naik pesawat," tuturnya.

"Kalau U-15 ini dadakan. Artinya kita memang kemarin itu untuk persiapan liga dan kuakifikasi Olimpiade. Itu lebih apa yang menjadi momentum kita," tutup Gusti Randa.

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Seputar Liga Indonesia Hanya di INDOSPORT.COM

253