Liga Indonesia

3 Pemain Naturalisasi Indonesia yang Melanjutkan Karier Jadi Pelatih

Sabtu, 6 April 2019 14:40 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Indonesia punya sederet pemain naturalisasi. Tidak sedikit dari mereka yang mulai berusia senja dan mulai berhenti aktif bermain sepak bola.

Pemain naturalisasi sepak bola Indonesia memang menjamur sejak tahun 2010. Cristian Gonzales menjadi era awal gerbong naturalisasi yang dicanangkan oleh PSSI.

Setelah itu, deretan pemain naturalisasi mulai bermunculan, dari yang berusia muda sampai yang telah lanjut usia. Belakangan ini, pemain naturalisasi lebih identik dengan pemain tua yang sudah lama berkiprah di sepak bola Indonesia.

Nama-nama seperti Bruno Casmir, Esaiah Pello Benson dan Zoubairou Garba merupakan legiun asing era Liga Indonesia tahun 2000-an yang kini telah ber-KTP Indonesia.

Setelah mengantongi paspor Warga Negara Indonesia (WNI), mereka mulai kembali mencari peruntungan dari kasta yang paling bawah sekalipun.

Namun demikian, nasib serupa tidak dialami beberapa pemain naturalisasi ini. Setelah jasanya mulai tak ‘digunakan’ lagi, beberapa pemain naturalisasi ini memilih untuk pulang ke kampung halamannya.

Mereka tanpa diduga tidak lagi aktif sebagai pemain alias pensiun. Usut punya usut, mereka mulai merintis karier sebagai pelatih sepak bola.

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT merangkum tiga pemain naturalisasi yang lanjutkan karier sebagai pelatih.