Liga Indonesia

Jelang KLB, Gusti Randa: FIFA Sudah Capek

Sabtu, 6 April 2019 17:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Gusti Randa saat menghadiri acara drawing babak 8 besar Piala Presiden 2019. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Gusti Randa saat menghadiri acara drawing babak 8 besar Piala Presiden 2019.

INDOSPORT.COM - Salah satu anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Gusti Randa mengatakan agenda Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI tidak bisa dilaksanakan dalam waktu dekat karena belum adanya rekomendasi dari FIFA. Gusti menyebut jika FIFA sempat menyatakan capek dengan segala hal yang menyangkut KLB PSSI selepas dicabutnya pembekuan empat tahun lalu.

"Kami agak mundur sedikit (soal KLB),  teman-teman wartawan juga pernah ikutin PSSI bahwa sempat dibekukan FIFA dan FIFA pernah berstatement sudah capek dengan urusan KLB di Indonesia. Jadi, sekarang kita terbentur dengan masalah yang sama, maka sebaiknya kita harus dapatkan rekomendasi dari FIFA," katanya.

"Ibaratnya kami anak nakal, terus kami nakal lagi. Kita pengen ngomong sama FIFA bahwa KLB ini benar ranah kami sendiri, tapi kami minta arahan FIFA termasuk rekomendasinya," imbuh Gusti Randa.

Menurut Gusti Randa, rekomendasi dari FIFA sangat penting untuk menentukan fokus di KLB nanti. Pasalnya, dalam KLB tersebut bisa saja terjadi beberapa agenda seperti pemilihan ketua umum baru beserta semua yang terlibat, ataukah memutuskan melanjutkan pekerjaan dengan kepengurusan ketua umum sebelumnya, Edy Rahmayadi hingga masa jabatannya selesai.

"Kan begini, lihat regulasi yang kami lakukan di KLB kan pasti mencari ketum, lalu ingin mencari exco. Nah, apakah KLB nanti mencari ketum dan exco yang kosong?durasinya sampai kapan? apakah sampai kepemimpinan Edy Rahmayadi atau semua kita ganti dengan durasinya empat tahun ke depan atau sesuai statuta yang mengatakan setelah empat tahun dapat dipilih kembali. Ini jangan ditebak-tebak sehingga kita minta rekomendasi," tuturnya.

"Kedua kita ikutin tahapannya, regulasi sudah benar maka terpilih pengurus definitif (tak sementara) yang semoga tidak digoyang lagi," lanjut Gusti Randa.

KLB PSSI rencananya akan digelar pada Agustus mendatang. Saat ini PSSI sudah mengirimkan surat ke FIFA untuk meminta rekomendasi dan tengah menunggu jawaban dari federasi sepak bola dunia itu.

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Seputar Liga Indonesia Hanya di INDOSPORT.COM