Liga Indonesia

Yoo Jae-hoon Siap Buat Sejarah di Indonesia, Ini Kata Menpora

Sabtu, 6 April 2019 11:53 WIB
Penulis: Martini | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© kaltimpost
Yoo Jae-hoon, kiper Barito Putera. Copyright: © kaltimpost
Yoo Jae-hoon, kiper Barito Putera.

INDOSPORT.COM – Kiper asing yang telah malang melintang di sepak bola Indonesia, Yoo Jae-hoon menyatakan kesiapannya untuk menjalani naturalisasi menjadi WNI.

Hal ini diakui merupakan langkah tepat dan semakin mendekatkannya pada cita-cita mendirikan akademi kiper pertama di Indonesia.

Sebagai langkah awal dalam mewujudkan cita-citanya tersebut, Yoo Jae-hoon ditemani manajemen Barito Putera melakukan mediasi ke kediaman Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi pada Rabu (20/03/19) lalu.

“Saya ingin dinaturalisasi, pindah kewarganegaraan dari Korea ke Indonesia. Jika langkah ini tepat, tentu menjadi kebanggaan bagi saya untuk mewujudkan cita-cita saya mendirikan akademi kiper di Indonesia untuk pertama kalinya,” ungkap Yoo Jae-hoon sebagaimana dilansir dari laman resmi Barito Putera.

Usai mendengar permintaan Yoo Jae-hoon, Imam Nahrawi menyambut antusias ide tersebut dan mengaku terinspirasi untuk membuat akademi lainnya, termasuk akademi suporter.

“Ini gagasan cemerlang yang perlu didukung. Sudah saatnya akademi khusus kiper, striker, bahkan suporter perlu ada,” ucap Imam.

“Karena ke depan, spesialisasi makin diperlukan menuju industri olahraga, bahkan dibuat berjenjang seperti yang saya lihat di Ghuang Zhou ada semacam pelatihan atau akademi tingkat SMP, SMA, dan lain-lain,” tambahnya.

Yoo Jae-hoon sendiri mengawali karirnya sebagai kiper asing di Indonesia dengan bergabung ke Persipura Jayapura yang dilatih Jacksen F. Tiago pada tahun 2010 lalu. Kini pada musim 2019 ia berlabuh ke Barito Putera yang juga dilatih Jacksen.

Ikuti Terus Update Informasi Seputar Liga 1 dan Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.