Liga Indonesia

4 Pemain Ini Membuat Cita Rasa Persib Bandung Kental di Liga 2 2019

Minggu, 7 April 2019 15:16 WIB
Editor: Juni Adi
© INDOSPORT
Logo Liga 2 dan logo Persib Bandung. Copyright: © INDOSPORT
Logo Liga 2 dan logo Persib Bandung.

INDOSPORT.COM - Kurang dari dua bulan lagi, kompetisi sepak bola Indonesia kasta kedua, Liga 2 2019 akan segera dimulai, tepatnya pada bulan Juni 2019 mendatang.

Kepastian tersebut disampaikan oleh Chief Operating Officer PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), Tigorshalom Boboy. Sebelumnya, kick off Liga 2 sendiri direncanakan pada pertengah Mei. 

Namun karena bertepatan dengan bulan Ramadan dan ditentang sejumlah klub, PT LIB lantas mengubah agendanya menjadi bulan Juni.

Hal tersebut membuat sejumlah klub Liga 2, masih berkesempatan untuk merekrut pemain baru pada bursa transfer musim ini. Menariknya, pergerakan kasta kedua ini justru lebih agresif ketimbang klub Liga 1 dalam memburu pemain.

Bahkan tak tanggung-tanggung para pemain bintang Liga 1 pun banyak ikut diboyong, guna ambisi naik kasta musim berikut. Sederet pemain bintang yang direkrut diantaranya didominasi mantan pemain Persib Bandung. Siapa saja mereka?

1. Atep Rizal

Keputusan mengejutkan dibuat oleh Persib Bandung pada akhir kompetisi Liga 1 2018. Ya, manajemen Maung Bandung justru melepas Atep Rizal yang notabenenya adalah legenda dan icon Persib.

Setelah sempat dihubungkan beberapa klub dalam dan luar negeri, Atep akhirnya berlabuh ke Mitra Kukar yang musim depan akan berlaga di Liga 2 karena degradasi. Keputusan Atep untuk tidak bermain di Liga 1 lantaran ia tidak ingin bertemu dengan mantan timnya, Persib Bandung.

2. Cristian Gonzales

Siapa yang tidak kenal dengan nama Cristian Gonzales. Mantan raja gol di sepak bola Indonesia sudah banyak malang melintang di beberapa klub Tanah Air, salah satunya adalah Persib Bandung.

Karisma Gonzales sebagai bomber tajam, rupanya belum pudar meski ia sudah tidak muda lagi. Buktiknya, pemain naturalisasi itu masih mampu bersaing di kompetisi gergengsi di Indonesia, meski kastanya harus menurun.

Musim ini, Gonzales akan membela Bogor FC di Liga 2 2019. Sebelumnya, ia mampu mengantarkan PSS Sleman promosi ke Liga 1 2019. 

3. Raphael Maitimo

Klub selanjutnya yang membuat gebrakan di lantai bursa transfer Liga 2 adalah PSIM Yogyakarta. Klub berjuluk Laskar Mataram itu memboyong mantan pemain Persib Bandung, Raphael Maitimo dan diikat kontrak selama dua musim.

Musim lalu, Maitimo memperkuat Madura United dan sempat dipinjamkan ke Persebaya. Namun karena cedera, ia jarang tampil di Liga 1 2018 lalu.

4. Vladimir Vujovic

Nama terakhir adalah Vladimir Vujovic. Mantan bek andalan Persib Bandung ini memutuskan untuk pensiun sebagai pemain, dan mencoba peruntungannya menjadi pelatih.

Klub Liga 2, Bogor FC menjadi pelabuhan karier baru Vujovic sebagai juru taktik. Namun kiprahnya cukup singkat. Ia kemudian hijrah ke PSIM Yogyakarta untuk mengarungi Liga 2 musim depan.

“Saya berterima kasih kepada Bogor FC yang menjadi tempat awal karier saya sebagai pelatih meski segalanya sangat singkat, dan terima kasih kepada PSIM yang memberi kepercayaan kepada saya serta mengupayakan kerja sama ini bisa terjadi," kata pria asal Montenegro itu.

302