Liga Champions

Dominasi Lionel Messi dalam Duel Klasik Manchester United vs Barcelona

Rabu, 10 April 2019 17:29 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© El Arte Del Futbol
Moment ketika Lionel Messi berselebrasi saat menghadapi Manchester United Pada final Liga Champion 28 Mei 2011. Copyright: © El Arte Del Futbol
Moment ketika Lionel Messi berselebrasi saat menghadapi Manchester United Pada final Liga Champion 28 Mei 2011.

INDOSPORT.COM – Bintang Barcelona, Lionel Messi selalu menjadi momok yang sangat menakutkan bagi Manchester United. Pemain yang dijuluki La Pulga tersebut mampu mendominasi dalam duel klasik Manchester United vs Barcelona.

Barcelona sendiri telah dua kali bertemu dengan Manchester United di ajang Liga Champions. Menariknya, Manchester United dan Barcelona selalu bertemu di partai final.

Dalam dua kesempatan tersebut, Barcelona selalu berhasil meraih trofi Liga Champions. Itu tak terlepas dari penampilan spektakuler Messi di sepanjang pertandingan.

Messi selalu mencetak gol ke gawang Manchester United dalam dua kesempatan berbeda. Catatan gol itu ia raih ketika berhadapan dengan Manchester United di final Liga Champions musim 2008/09 (2-0) dan 2010/11 (3-1).

Gol pertamanya ke gawang Edwin Van Der Sar disematkan dengan cara yang jarang terjadi. Karena pada saat itu, Messi berhasil mencetak gol melalui tandukkan kepalanya usai memanfaatkan umpan manis Xavi Hernandez.

© zimbio.com
Aksi Lionel Messi saat melawan Rio Ferdinand dan Wayne Rooney pada laga Final Liga Champions Barcelona vs Manchester United di Stadion Wembley pada 28 Mei 2011 di London, Inggris. Copyright: zimbio.comAksi Lionel Messi saat melawan Rio Ferdinand dan Wayne Rooney pada laga Final Liga Champions Barcelona vs Manchester United di Stadion Wembley pada 28 Mei 2011 di London, Inggris.

Pada pertemuan selanjutnya, Messi berhasil melesatkan gol spektakuler dari luar kotak penalti. Van Der Sar pun dibuat tak berdaya lewat sepakan keras yang dihasilkan oleh kaki kirinya.

Tak hanya selalu mencetak gol, Messi juga menjadi pemain yang paling rajin mengacak-acak lini tengah dan pertahanan Manchester United. Usianya yang masih muda membuat dirinya tampil begitu agresif dan sulit dihentikan.

Gelandang Manchester United saat itu, Park Ji-sung menjadi bulan-bulanan Messi. Karena gelandang berkebangsaan Korea Selatan tersebut hampir tak pernah sukses memenangkan duel dengan Messi.

Bahkan bek sekalbier Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic pun dibuat kewalahan lewat aksi individu Messi di sepanjang pertandingan. Ini cukup membuktikan bahwa Messi mendominasi dalam duel klasik Manchester United vs Barcelona.

Catatan impresif Messi pun bisa saja kembali ia torehkan ketika bertandang ke Old Trafford pada dini hari nanti. Apalagi, saat ini dirinya masih menjadi pemain paling produktif di Eropa dengan torehan 33 gol.

Terus Ikuti Sepak Bola Liga Champions dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM