Liga Champions

Ingin Tumbangkan Barcelona, Man United Bisa Pakai Taktik Ferguson Ini

Rabu, 10 April 2019 18:46 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Untuk menumbangkan Barcelona di babak perempatfinal Liga Champions 2018/19, Kamis (11/04/19) dini hari WIB nanti, Manchester United dapat mengadopsi taktik milik Sir Alex Ferguson terutama untuk mengatasi Lionel Messi.

Seperti kita ketahui, klub berjuluk Setan Merah itu akan menjamu Barcelona dalam pertandingan leg pertama perempatfinal Liga Champions 2018/19 di Old Trafford. Ini adalah tugas terberat Ole Gunnar Solskjaer sejak menjadi manajer permanen.

Selain para pemain di lini tengahnya yang sedang dilanda cedera, Solskjaer harus memecah otak dan mencari cara untuk menghentikan pergerakan Messi di lini depan.

Ferguson sendiri pernah menyaksikan kehebatan Messi secara langsung ketika Manchester United kalah dari Barcelona di final Liga Champions pada tahun 2009 dan 2011.

Dikutip dari kanal berita olahraga, Metro Sports, usai gagal di tahun 2011, Ferguson pun pernah membocorkan cara bagaimana tim asuhannya itu harus menghadapi Messi bila mereka bertemu Barcelona kembali.      

“Messi tak terlalu mengancam bila datang dari samping ketimbang saat ia datang melalui lini tengah. Usai menganalisa pertandingan, saya berkata pada diri sendiri bahwa harus ada perubahan taktik,” ujar Ferguson.

Dirinya pun melanjutkan akan menggunakan Phil Jones dan Chris Smalling tepat di depan Messi kelak bila bertemu lagi.

“Bila kami bermain melawan Barcelona berikutnya di final Liga Champions, saya akan meminta Phil Jones dan Chris Smalling, atau Smalling dan Jonny Evans, tepat di depan Messi. Saya tidak akan membiarkan dia menyiksa kami lagi.”

Namun sayang, hingga masa pensiunnya di tahun 2013, Sir Alex Ferguson bersama skuat Man United belum pernah bertemu lagi dengan Barcelona sejak tahun 2011.

Terus Ikuti Berita Man United dan Sepak Bola Liga Champions Lainnya Hanya di INDOSPORT