Liga Champions

Manchester United vs Barcelona: Redam Messi, Solskjaer Pakai Jurus Gurunya

Rabu, 10 April 2019 15:35 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Indra Citra Sena
© Sport Bible
Solskjaer memiliki kesamaan dengan Ferguson Copyright: © Sport Bible
Solskjaer memiliki kesamaan dengan Ferguson

INDOSPORT.COM - Pertandingan leg pertama perempat final Liga Champions 2018/19 kontra Barcelona menjadi debut Ole Gunnar Solskjaer sebagai pelatih tetap di kancah Eropa.

Melawan Barcelona di Liga Champions memang selalu menyulitkan untuk Man United setelah keok dalam dua edisi final, tepatnya 2008/09 dan 2010/11. Terakhir kalinya Setan Merah menekuk kubu Catalan terjadi pada semifinal edisi 2007/08.

Laga ini sekaligus bertajuk pembuktian Solskjaer sebagai pelatih Man United. Jika ingin memenangkan Man United, ia harus bisa membendung megabintang Barcelona. Siapa lagi kalau bukan Lionel Messi.

Dalam dua pertemuan terkini, Messi selalu sukses mengacak-acak barisan pertahanan Man United. dan bahkan meraih predikat Man of the Match dalam dua final Liga Champions (2008/09 dan 2010/11).

Untuk bisa menghentikan Messi, Solskjaer barangkali harus menggunakan jurus yang diwariskan oleh gurunya, Sir Alex Ferguson, dalam sebuah tulisan di buku otobiografi berjudul Alex Ferguson: My Autobiography.

Pelatih legendaris yang akrab disapa Fergie tersebut memang sudah dua kali berhadapan dengan Messi. Tentunya, pengalaman itu bisa membantu Solskjaer dalam meramu tim yang tepat untuk menghentikan sang rival asal Argentina.

“Messi lebih banyak mengancam dari sisi tengah, jadi Anda harus memiliki bek tengah yang siap mengawalnya. Jika Anda berhasil menghentikan pergerakannya melalui sisi tengah, Messi akan beralih melalui sisi kanan dan kiri. Namun jangan khawatir, dia tidak begitu bagus saat menyerang dari posisi tersebut,” tulis Sir Alex pada buku otobiografinya.

Jika Solskjaer memutuskan untuk menggunakan saran Fergie, maka dia bisa memplot Phil Jones dan Chris Smalling atau Victor Lindelof dan Eric Bailly untuk bisa menghentikan Messi.

Man United akan menjamu Barcelona di Stadion Old Trafford pada Kamis (11/4/19) dini hari WIB nanti. Selanjutnya, mereka gantian bertandang ke Stadion Camp Nou, Rabu (17/4/19) mendatang.

Terus Ikuti Berita Sepak bola Liga Champions dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

164