Liga Indonesia

Presiden Jokowi Akan Serahkan Langsung Trofi Piala Presiden 2019

Rabu, 10 April 2019 11:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden, Maruarar Sirait saat bertemu dengan Panglima TNI Hadi Tjahjanto. Foto: Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden, Maruarar Sirait saat bertemu dengan Panglima TNI Hadi Tjahjanto. Foto: Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), direncanakan hadir pada leg kedua final Piala Presiden 2019 antara tuan rumah Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jumat (12/04/19). Kepastian itu tersebut disampaikan Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden, Maruarar Sirait. 

Maruarar mengatakan pihaknya sudah berkomunikasi dengan pihak Istana Negara terkait hadirnya Jokowi. Nantinya, orang nomor satu di Indonesia itu bakal menyerahkan trofi juara kepada tim pemenang pada Jumat nanti. 

"Saya sudah berkordinasi dengan pihak istana, untuk mengundang langsung bapak Presiden. Dan bapak Presiden direncanakan akan hadir di penutupan dan final Piala Presiden di Malang," ungkapnya.

Tak hanya direncanakan hadir, Presiden Jokowi juga menyampaikan beberapa pesannya untuk gelaran Piala Presiden tahun ini.

Di edisi keempat ini, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, meminta gelaran Piala Presiden berjalan baik dan lancar serta mengedepankan asas fair play dalam olahraga, apalagi belakangan sepak bola nasional tengah dirundung kasus pengaturan skor.

"Bapak Presiden juga selalu berpesan, Piala Presiden harus menjaga transparansi, harus di audit, fair play, dan tak ada pengaturan skor. Apalagi di saat ini sedang marak pemberantasan mafia sepak bola dan mendukung semua proses hukum," papar pria yang akrab disapa Ara itu.

Presiden Jokowi memang selalu hadir di tiga laga final gelaran Piala Presiden. Diawali pada 2015 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, di mana Persib Bandung sebagai pemenang. Lalu berlanjut, di 2017  menyerahkan trofi langsung untuk Arema di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Tahun lalu, Jokowi secara langsung memberikan trofi juara Piala Presiden kepada Persija Jakarta yang mengalahkan Bali United 3-0 di SUGBK. 

1.2K