Bola Internasional

Tinggalkan Madrid, Vinicius Junior Jadi Model Jersey Lawas Brasil

Rabu, 10 April 2019 12:34 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Express.co.uk
Vinicius Jr Kini Berada di Brazil untuk Menjadi Model Jersey Copyright: © Express.co.uk
Vinicius Jr Kini Berada di Brazil untuk Menjadi Model Jersey

INDOSPORT.COM -  Wonderkid Real Madrid, Vinicius Jr, yang tengah cedera dikabarkan tengah berada di kampung halamannya, Brasil. Kali ini keberadaannya di Brasil bukan karena panggilan Timnas. Melainkan untuk menjadi model jersey yang akan digunakan di Copa America 2019 

Menjelang perhelatan sepak bola akbar sebenua Amerika Selatan tersebut, Brasil meluncurkan jersey kedua untuk menghadapi Copa America. Uniknya, jersey yang diluncurkan tidak ada unsur warna kuning seperti jersey Brasil pada umumnya. Kali ini Brasil mengusung konsep klasik. 

Jersey Brasil kali ini mengusung warna putih sebagai warna dasar dan memiliki kerah dengan warna biru. Konsep ini meniru jersey yang digunakan oleh Timnas Brasil pada ajang Copa America 1919 di mana Brasil menjadi tuan rumah.

Selain itu, peluncuran jersey ini sebagai cara Brasil untuk bernostalgia. Pasalnya, pada tahun 1919, mereka meraih titel pertamanya di kandang setelah mengandaskan perlawanan Uruguay melalui gol yang dicetak legenda Brasil, Friedrich.

Namun, ada alasan lain mengapa warna putih sempat 'hilang' dari jersey Brasil selama ini. Ini disebabkan kekalahan yang harus diterima Brasil pada edisi Piala Dunia 1950 yang berlangsung di Maracana Stadium, Brasil. Pada partai puncak, tuan rumah mereka harus takluk dari Uruguay dengan skor 1-2. 

Atas kekalahan ini, warga Brasil menyebutnya sebagai peristiwa 'Maracanazo' yang berarti tamparan Maracana. Sejak saat itu, konsep jersey warna putih tak lagi digunakan oleh Timnas Sepak Bola Brasil dan menjadikan warna kuning atau biru sebagai warna kebesaran Brasil.

Copa America 2019 kali ini akan berlangsung di Brasil dari 14 Juni hingga 7 Juli. dengan mengusung konsep jersey ini, diharapkan Brasil akan mendapat tuah untuk merebut gelar tersebut dari sang juara bertahan, Chile.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM