Liga Champions

5 Kesalahan Fatal Setan Merah di Pertandingan Manchester United vs Barcelona

Kamis, 11 April 2019 09:22 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© twitter.com/manutd
Ole Gunnar Solskjaer mengucapkan terima kasih kepada para suporter The Reds Devil usai pertandingan Manchester United vs Barcelona, Kamis (110419) dini hari WIB. twitter.com/manutd Copyright: © twitter.com/manutd
Ole Gunnar Solskjaer mengucapkan terima kasih kepada para suporter The Reds Devil usai pertandingan Manchester United vs Barcelona, Kamis (110419) dini hari WIB. twitter.com/manutd

INDOSPORT.COM - Setidaknya ada lima kesalahan fatal yang dilakukan Setan Merah dalam pertandingan leg pertama perempatfinal Liga Champions antara Manchester United vs Barcelona, Kamis (11/04/19) dini hari tadi.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Old Trafford itu, Manchester United kalah dengan skor tipis 0-1. Gol tunggal Barcelona dicetak oleh Luke Shaw, yang bermaksud menghalau bola hasil sundulan Luis Suarez.

Kemenangan ini menjadi modal berharga Barcelona, untuk menatap leg kedua di Stadion Camp Nou pada Rabu (17/04/19) dini hari WIB.

Sementara bagi Manchester United, hasil ini tentunya sangat menyakitkan. Apalagi jika melihat permainan mereka sepanjang 90 menit, mampu mengimbangi Barcelona.

Namun, ada beberapa kesalahan fatal yang memang dilakukan Manchester United dan membuat mereka dihancurkan Barcelona di Old Trafford dini hari tadi.

Berikut INDOSPORT sudah rangkum sebanyak lima kesalahan fatal yang membuat mereka dikalahkan oleh Barcelona di leg pertama perempatfinal Liga Champions 2018/19.

Formasi dan Susunan Pemain Manchester United

© Quality Sport Images/Getty Images
Lionel Messi berusaha merebut bola dengan pemain Manchester United Luke Shaw pertandingan leg pertama Perempat Final Liga Champions, (10-04-2019). Foto:  Quality Sport Images/Getty Images Copyright: Quality Sport Images/Getty ImagesLionel Messi berusaha merebut bola dengan pemain Manchester United Luke Shaw pertandingan leg pertama Perempat Final Liga Champions, (10-04-2019). Foto: Quality Sport Images/Getty Images

Di sini, letak kesalahan harusnya lebih kepada Ole Gunnar Solskjaer. Dia memilih lima pemain bertahan untuk dimainkan di pertandingan dini hari tadi.

Ya, Solskjaer memilih untuk menempatkan Luke Shaw sebagai bek tengah dan Diogo Dalot sebagai bek kiri. Jelas, dia ingin pergerakan Lionel Messi benar-benar dijaga.

Karena penumpukan di lini pertahanan, Manchester United harus bermain dengan hanya dua penyerang, yakni Romelu Lukaku dan Marcus Rashford.

Dengan sudah memainkan lima pemain bertahan, gelandang tengah Manchester United, Fred dan Scott McTominay juga ikut sibuk menjaga pertahanan. Tujuh pemain sibuk bertahan, membuat permainan biasa Manchester United jadi tidak terlihat di laga ini.

Kurang Menekan

© Alex Livesey - Danehouse/Getty Images
Pemain Manchester United, Paul Pogba saat berduel dengan Sergio Busquets di laga Manchester United vs Barcelona. Foto: Alex Livesey - Danehouse/Getty Images Copyright: Alex Livesey - Danehouse/Getty ImagesPemain Manchester United, Paul Pogba saat berduel dengan Sergio Busquets di laga Manchester United vs Barcelona. Foto: Alex Livesey - Danehouse/Getty Images

Bermain menghadapi tim seperti Barcelona yang piawai dalam menguasai bola, Manchester United jelas harus bekerja ekstra keras untuk mendapatkan bola mereka.

Barcelona jarang melakukan kesalahan hingga kehilangan bola dan sangat yakin dengan umpan-umpan pendek mereka. Untuk mengatasi ini, sangatlah penting untuk menekan dengan tempo tinggi.

Namun, yang terjadi adalah Manchester United hanya menekan di menit-menit awal pertandingan. Mereka tidak mampu menjaga konsistensi dan ini juga salah satu penyebab mereka menelan kekalahan.

436