Liga Indonesia

Kiper Piala Dunia yang Layak Gantikan Miswar Saputra di Persebaya Surabaya

Kamis, 11 April 2019 21:21 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Amin M. Jamali/Getty Images
Kiper Timnas Iran, Alireza Haghighi saat tampil di laga persahabatan melawan Jepang (Amin M. Jamali/Getty Images). Copyright: © Amin M. Jamali/Getty Images
Kiper Timnas Iran, Alireza Haghighi saat tampil di laga persahabatan melawan Jepang (Amin M. Jamali/Getty Images).

INDOSPORT.COM - Klub sepak bola Indonesia, Persebaya Surabaya sepertinya bisa mempertimbangkan nama kiper Iran, Alireza Haghighi, untuk direkrut dan menggantikan posisi Miswar Saputra.

Persebaya Surabaya belakangan memang nampak mendapati masalah khusus di posisi kiper. Khususnya setelah melihat jalannya pertandingan leg pertama final Piala Presiden 2019, Selasa (9/4/19) lalu di Stadion Gelora Bung Tomo.

Ya, dalam laga itu, tepatnya pada menit ke-78, Arema FC sukses mencetak gol keduanya melalui sepakan bebas Makan Konate. Para Bonek, pendukung setia Persebaya Surabaya, ternyata menanggapi gol Makan Konate dengan cukup heboh.

Bonek mengkritik aksi kiper Persebaya Surabaya, Miswar Saputra, yang melakukan blunder sehingga gol Makan Konate bisa terjadi. Kalau dilihat dari tayangan ulang gol, Miswar Saputra posisinya memang terlalu maju saat mencoba menghalau datangnya bola.

Andai Persebaya Surabaya berminat, mungkin perekrutan kiper baru bisa jadi solusi dari permasalahan posisi penjaga gawang tersebut. Terlebih, di luar sana, ada pula kiper asing Asia yang saat ini masih menganggur dan bisa diboyong.

Salah satu yang bisa masuk ke opsi perekrutan adalah eks kiper Timnas Iran, Alireza Haghighi. Sosoknya terbilang memiliki kualitas hebat, lantaran sempat membela Iran di Piala Dunia 2014 lalu.

Menurut situs Transfermarkt, Alireza Haghighi kini sedang tidak mempunyai klub. Ia terakhir tercatat bermain untuk klub Swedia, GIF Sundsvall pada 2018 lalu.

Persebaya Surabaya pun bisa mendekat untuk merekrut Alireza Haghighi ini. Kehadiran Alireza Haghighi di bawah mistar gawang, diyakini akan makin meningkatkan rasa aman bagi lini belakang Persebaya Surabaya dari kebobolan.

Selain pernah merumput di Piala Dunia 2014, Alireza Haghighi punya beberapa reputasi apik lainnya. Ia pernah bermain untuk klub raksasa Rusia, Rubin Kazan.

Sosok Alireza Haghighi sendiri usianya masih tergolong produktif untuk seorang kiper, yakni 31 tahun. Apalagi, ia punya postur menjulang dengan tinggi badan sekitar 193 cm.

Terus Ikuti Berita Persebaya dan Sepak Bola Liga 1 Lainnya Hanya di INDOSPORT