Liga Indonesia

Proses Pembuatan Trofi Piala Presiden 2019 yang Tak Biasa

Kamis, 11 April 2019 08:11 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Yohanes Ishak
© Piala Presiden 2019
Trofi Piala Presiden 2019. Copyright: © Piala Presiden 2019
Trofi Piala Presiden 2019.

INDOSPORT.COM – Dibalik semakin cantiknya trofi Piala Presiden 2019, ada proses tak biasa yang dilakukan oleh Surya Aditya.

Surya Aditya dipercaya sebagai seniman yang bertugas mempercantik trofi Piala Presiden yang akan diperebutkan Arema FC dan Persebaya Surabaya, Rabu (12/04/19) di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

Ia menambahkan beberapa ornamen yang membuat trofi Piala Presiden 2019 kali ini terlihat istimewa namun tetap menjaga nilai tradisional yang ada.

Di balik trofi yang bersusun batu-batu Nusantara dan lapisan ornamen perak, terdapat proses yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

Dari video yang diambil dari Instagram resmi Piala Presiden 2019, Surya melakukan tahap penggambaran motif terlebih dahulu yang akan ditempelkan ke trofi.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by PIALA PRESIDEN 2019 (@pialapresiden_2019) on

Penggambaran motif turut membutuhkan pengukuran yang tepat agar sesuai dengan panjang, lebar, dan tinggi trofi yang sudah ada.

Setelah itu, motif diukir di atas perak dan dibentuk sedemikian rupa lewat proses pemotongan serta pemanasan yang tidak sebentar.

Motif perak tersebut kemudian dipasang di beberapa bagian trofi untuk mempercantik piala yang sudah ada sejak 2015 tersebut.

Terakhir, bagian bawah trofi diberi susunan batu-batu Nusantara warna-warni yang diambil khusus dari beberapa daerah di Indonesia.

Yang tidak kalah penting, terdapat bagian trofi yang berbentuk motif Bunga Mandalika sebagai representasi semboyan 'Bineka Tunggal Ika' yang berarti berbeda-beda tapi tetap satu jua.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Indonesia Piala Presiden dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM