Liga Champions

Jangan Fokus ke Ronaldo, Ajax Amsterdam Bisa Singkirkan Juventus dari Liga Champions

Selasa, 16 April 2019 08:38 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Matthew Ashton - AMA/Getty Images
Cristiano Ronaldo saat laga leg pertama perempatfinal Liga Champions Ajax vs Juventus, Rabu (10/04/19). Copyright: © Matthew Ashton - AMA/Getty Images
Cristiano Ronaldo saat laga leg pertama perempatfinal Liga Champions Ajax vs Juventus, Rabu (10/04/19).

INDOSPORT.COM - Pertandingan leg kedua perempatfinal Liga Champions 2018/19 antara Juventus vs Ajax akan dimainkan di Allianz Arena, Rabu (17/04/19) pukul 02.00 WIB dini hari. Apakah Cristiano Ronaldo perlu dijaga ketat atau tidak di laga nanti?

Ya, Juventus vs Ajax merupakan leg kedua setelah leg pertama perempatfinal Liga Champions dimainkan pada Kamis (11/04/19) pekan lalu.

Ajax secara mengejutkan berhasil menyulitkan Juventus di pertandingan leg pertama yang dimainkan di Amsterdam ArenA tersebut. Mereka berhasil menahan imbang 1-1.

Bahkan Ajax Amsterdam sempat tertinggal lebih dulu dari gol Cristiano Ronaldo pada menit ke-45. Namun tidak butuh waktu lama, menit ke-46, Ajax Amsterdam langsung menyamakan kedudukan lewat gol David Neres.

Dengan Ronaldo mencetak satu gol ke gawang mereka di leg pertama perempatfinal Liga Champions pekan lalu, apakah Ajax perlu menjaga ketat bintang Juventus itu?

Jelang pertandingan leg kedua perempatfinal Liga Champions, Ajax Amsterdam tentu mengusung target tinggi untuk membuat kejutan besar seperti di babak sebelumnya.

Ajax memang membuat kejutan dengan menyingkirkan Real Madrid di babak 16 besar Liga Champions 2018/19. Kalah 1-2 di markas sendiri, Ajax menggila di Santiago Bernabeu.

Ajax Harus Bermain Sabar

Permainan kolektivitas ditunjukkan oleh Ajax Amsterdam saat menghajar Real Madrid di Santiago Bernabeu dengan skor 1-4. Bermain sabar namun pasti, serangan-serangan Ajax Amsterdam kala itu sangat efektif.

Bagaimana tidak, menurut whoscored dengan total 16 tendangan, Ajax berhasil mengimbangi Real Madrid untuk delapan shots on target, padahal tuan rumah lebih banyak melepaskan tendangan (20 tendangan).

Bermain sabar dan menguasai pertandingan nampaknya harus kembali diterapkan oleh Erik ten Hag saat tim asuhannya menghadapi Juventus di Allianz Arena.

Pasalnya, ancaman terbesar Ajax di leg kedua perempatfinal vs Juventus dini hari nanti adalah kehadiran sosok Cristiano Ronaldo.

Hal itu terlihat dalam pertandingan leg pertama perempatfinal, di mana Ronaldo masih bisa diandalkan oleh Juventus dengan satu golnya ke gawang Ajax di menit ke-45.

Belum lagi statistik Ronaldo di sepanjang Liga Champions musim ini. Dari data Transfermarkt, total delapan penampilan sejauh ini, Ronaldo berhasil cetak lima gol dan dua assist.

Ajax Tidak Perlu Fokus ke Ronaldo

© Koji Watanabe/Getty Images
Selebrasi Cristiano Ronaldo usai membobol gawang Ajax pada babak 8 besar Liga Champions 2019, Kamis (11-04-19), di Amsterdam Arena. Foto: Koji Watanabe/Getty Images Copyright: Koji Watanabe/Getty ImagesSelebrasi Cristiano Ronaldo usai membobol gawang Ajax pada babak 8 besar Liga Champions 2019, Kamis (11-04-19), di Amsterdam Arena. Foto: Koji Watanabe/Getty Images

Meski Ronaldo terlihat begitu berbahaya untuk Ajax di laga nanti, nampaknya Ten Hag tidak perlu meminta pemain tertentu di tim asuhannya untuk mengawal ketat bintang Timnas Portugal itu.

Ya, Ajax memiliki para pemain yang cukup solid di lini pertahanan dan juga cenderung masih muda. Ada nama-nama seperti Matthijs de Ligt, Daley Blind, Nicolas Tagliafico, Joel Veltman dan Daley Singkgraven.

Belum lagi lini tengah hingga lini depan Ajax yang cukup gesit, ada Frenkie de Jong, Dusan Tadic, Hakim Ziyech hingga David Neres yang rajin menyumbang gol untuk tim. 

Seperti Tadic dengan 32 golnya sejauh musim ini, David Neres sebanyak 12 gol hingga Ziyech yang telah mencetak 19 gol di semua kompetisi musim ini. Sebenarnya, Ajax punya para pemain yang lebih merata dan bisa membahayakan Juventus.

Serangan sabar dan terukur bisa membuat Ajax tidak perlu repot-repot menjaga ketat Ronaldo di barisan pertahanan. Bahkan hal ini diakui oleh pelatih kepala Ajax, Erik ten Hag.

"Ronaldo? Kami tidak akan menjaganya dengan cara yang khusus. Juventus jelas tim favorit tapi kami ingin memberikan penampilan yang kompak sebagai satu tim," kata Ten Hag dilansir dari Calciomercato.

Dari pernyataan sang pelatih saja, bisa diperkirakan bahwa Ronaldo tidak akan mendapat penjagaan ketat dari pemain tertentu di laga nanti. Ajax lebih memilih untuk bermain sabar dan solid sebagai satu tim, khususnya di lini serang.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Champions Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%