Liga Indonesia

Simon McMenemy Jelaskan Alasan Sandy Walsh Tak Kunjung Naturalisasi

Selasa, 16 April 2019 15:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Sandy Walsh saat bermain di Zulte Waregem melawan Anderlecth. Copyright: © Getty Images
Sandy Walsh saat bermain di Zulte Waregem melawan Anderlecth.

INDOSPORT.COM - Kejelasan kabar naturalisasi bek keturunan Indonesia, Sandy Walsh belum juga menemukan titik temu meski rumor tersebut telah merebak sejak tahun 2017 silam.

Pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy angkat bicara terkait hal tersebut. Menurutnya, saat ini ia masih fokus terhadap pemain lokal yang membela tim-tim sepak bola tanah air. Meski begitu komunikasi antara Simon dan Sandy masih terus terjaga salam membahas kabar naturalisasi ini.

“Saya sering berbicara dengan Sandy Walsh secara intensif, tentang apa yang dia inginkan. Kami punya komunikasi yang baik, lihat nanti, sekarang saya prioritaskan yang main di sini. Jika bisa dikembangkan sebelum (kualifikasi) Piala Dunia, mungkin itu bisa terjadi,” ujar McMenemy kepada wartawan, Senin (16/04/19).

Sepertinya status Sandy Walsh yang bermain di Eropa, yang membuat Simon McMenemy sedikit kesulitan untuk memanggil pemain Zulte Waregem itu ke Timnas Indonesia. Selain itu menurutnya proses naturalisasi yang cukup rumit juga menjadi kendala.

“Orang berpikir naturalisasi terjadi, misalnya saya mau pemain 'ini' terus dia langsung dapat paspor. Padahal ada banyak prosesnya,” jelas McMenemy.

Kualitas juga menjadi faktor yang sangat penting yang dilihat oleh pelatih asal Inggris tersebut saat memilih pemain asing untuk dijadikan salah satu pengisi skuat tangguh Indonesia.

“Kami harus yakin soal pemain jangan dari sosial media. Dia harus fit dalam waktu panjang, kita bisa panggil semua pemain dari penjuru dunia tapi mereka tak bisa langsung dapat paspor besoknya.”

Penulis: Chairun Nissa

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Timnas Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%