Termasuk Eks Ajax, 4 Pemain Naturalisasi Ini Bakal Debut Nyoblos di Pemilu 2019

Selasa, 16 April 2019 13:14 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Isman Fadil
© INDOSPORT
Ilija Spasojevic salah satu pemain yang berhasil dinaturalisasi Copyright: © INDOSPORT
Ilija Spasojevic salah satu pemain yang berhasil dinaturalisasi

INDOSPORT.COM -  Sehari lagi, Indonesia akan menggelar Pemilu 2019 pada, Rabu (16/04/19). Tidak hanya warga kelahiran Indonesia saja yang memiliki hak suara, bahkan warga 'asing' yang sudah memiliki kewarganegaraan Indonesia sudah bisa ikut mencoblos. Ada beberapa pemain naturalisasi yang ikut nyoblos pertama kali di pemilihan umum tahun ini. Siapa saja mereka?

Sudah menjadi kewajiban bagi seluruh warga negara Indonesia, untuk memberikan suaranya dalam pesta demokrasi pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2019 ini.

Tak cuma di dalam negeri, warga negara Indonesia (WNI) yang tengah meniti karier di luar negeri pun juga diwajibkan melakukan pencoblosan untuk memilih kepala negara periode 2019 hingga 2025 mendatang.

Seperti yang baru dilakukan Egy Maulana Vikri baru-baru ini, meski tengah berada di Polandia untuk memperkuat Lechia Gdansk namun di sela-sela latihannya pemain berusia 19 tahun ini menyempatkan diri datang ke TPS (tempat pemungutan suara).

Selain Egy, para atlet khususnya bintang sepak bola asing yang kini telah dinaturalisasi dan menjadi WNI (Warga Negara Indonesia), dipastikan bakal melakukan pencoblosan yang mungkin perdana bagi mereka.

Lantas siapa sajakah para WNI yang bakal merasakan debut pencoblosan perdanannya di pemilu tahun 2019 ini?, Berikut INDOSPORT.COM coba merangkumnya untuk anda:

1. Ezra Walian (Belanda)

Nama pertama adalah penyerang muda jebolan Ajax Amsterdam, Ezra Walian yang resmi mendapat warga negara Indonesia pada tahun 2017 lalu.

Ezra Walian menjadi warga negara Indonesia lewat jalur darah sang ayah yang memang berasal dari Indonesia, lebih tepatnya dari Manado sedangkan sang ibu berasal dari Belanda.

Menjadi WNI sejak tahun 2017, Ezra yang kini telah berumur 21 tahun kemungkinan sudah memberikan suaranya dalam pemilihan presiden dan wakil presiden tanggal 15 April lalu di Belanda.

© Michael Siahaan/antaranews.com
Penyerang tim nasional U-23 Indonesia Ezra Walian Copyright: Michael Siahaan/antaranews.comPenyerang tim nasional U-23 Indonesia Ezra Walian

2. Beto Goncalves (Brasil)

Berikutnya ada Beto Gonçalves, pemain asal Brasil yang telah merumput di Liga Indonesia sejak tahun 2008 lalu, dan pada 2018 kemarin pemain berusia 37 tahun ini resmi menjadi WNI bahkan langsung memperkuat Timnas Indonesia.

Pemain yang berhasil mencetak 7 gol dari 13 caps bersama Timnas Garuda ini, berkesempatan melakukan pencoblosan perdananya tahun 2019 nanti.

3. Ilija Spasojevic (Montenegro)

Serupa dengan Beto Goncalves, pemain asal Serbia Montenegro ini juga menjadi WNI pada tahun 2018 lalu setelah menghabiskan waktu kurang lebih delapan tahun bermain di Liga Indonesia.

Beruntungnya, Spasojevic dinaturalisasi tepat setahun sebelum pemilu berlangsung dan besar kemungkinan mantan pemain Melaka United ini bisa ikut mencoblos.

4. Esteban Vizcarra (Argentina)

Terakhir ada nama pemain Persib Bandung, Esteban Vizcarra yang resmi berubah warga negara dari Argentina menjadi Indonesia pada tahun 2018 lalu.

Tak cuma menjadi pemain naturalisasi, Vizcarra juga memilih menikah dengan gadis Indonesia. Istrinya bernama Resty. Mereka pun sudah dikaruniai satu orang putra yang bernama Alex Roman Vizcarra.

Pada tahun 2019 ini, Vizcarra yang sudah setahun lebih menjadi WNI kemungkinan bisa memberikan suaranya di pemilu dengan melalukan pencoblosan.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Indonesia dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%