Throwback Timnas Indonesia vs Turkmenistan di 2011, Garuda Gacor Bukan Main

Jumat, 21 Juli 2023 15:24 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Timnas Indonesia dipastikan akan menghadapi Turkmenistan dalam agenda FIFA Matchday pada 8 September 2023 mendatang dengan Gelora Bung Tomo sebagai venue. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Timnas Indonesia dipastikan akan menghadapi Turkmenistan dalam agenda FIFA Matchday pada 8 September 2023 mendatang dengan Gelora Bung Tomo sebagai venue.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia dipastikan akan menghadapi Turkmenistan dalam agenda FIFA Matchday pada 8 September 2023 mendatang dengan Gelora Bung Tomo sebagai venue.

Berbeda dengan jeda internasional edisi Juni 2023 lalu, kali ini PSSI hanya mencarikan satu lawan saja untuk Tim Garuda.

Adanya agenda kualifikasi Piala Asia U-23 di Solo pada bulan yang sama jadi alasan kenapa pihak federasi tidak ingin punya banyak agenda dalam waktu berdekatan.

“Jadwal pertandingan timnas Indonesia yang mau kita fokus di sini FIFA Matchday. Tentu kita tidak bisa mengisi FIFA Matchday seperti sebelumnya dengan dua pertandingan,” ucap Erick Thohir selaku ketua umum PSSI di Menara Danareksa, Jakarta.

“Karena kita juga menjadi tuan rumah Piala Asia U-23 di Solo. Tanggal 9 dan 12 kita tanding dan komposisi pemain juga banyak pemain muda,” tambahnya.

“Dengan begitu artinya kita mengisi satu pertandingan FIFA Matchday dengan melawan Turkmenistan pada 8 September di Gelora Bung Tomo Surabaya,” pungkas Erick kemudian.

Di atas kertas, Turkmenistan sendiri bisa dianggap sebagai lawan yang cocok untuk timnas Indonesia di FIFA Matchday mendatang.

Negara Asia tengah tersebut memiliki peringkat FIFA yang lebih tinggi dari Merah-Putih yakni 138:150.

Shin Tae-yong selaku pelatih kepala timnas Indonesia selalu ingin mengadu anak-anak asuhnya dengan lawan yang kualitasnya lebih baik demi kepentingan penggemblengan.

Sebelum Turkmenistan, Ricky Kambuaya cs sudah berhadapan dengan Curacao, Burundi, Palestina, dan juga Argentina belakangan ini.

Menghadapi Turkmenistan bisa menjadi ajang uji coba kesiapan para pemain timnas Indonesia sebelum berlaga di putaran final Piala Asia 2023 sekaligus usaha menegaskan dominasi pada sang lawan.

Asal anda tahu, meski secara peringkat FIFA timnas Indoinesia lebih rendah namun rekor mereka saat berjumpa dengan Turkmenistan sangat baik berkat dua kemenangan dari empat laga.

Pertemuan terakhir Tim Garuda vs Karakum Warriors adalah pada Juli 2011 silam dalam ajang putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2014 zona AFC.

Tidak ada yang menganggap jika timnas Indonesia adalah favorit dalam match up ini menhingat pihak AFC sendiri menempatkan Turkmenistan dalam pot unggulan saat pengundian.

Apalagi saat itu sepakbola dalam negeri juga mulai memasuki periode kelam dimana dualisme liga juga perpecahan federasi perlahan menggerogoti.