Liga Inggris

5 Pemain Terbaik yang Pernah Terdegradasi dari Liga Inggris

Rabu, 17 April 2019 11:45 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
Logo Liga Primer Inggris. Copyright: © INDOSPORT
Logo Liga Primer Inggris.

INDOSPORT.COM - Banyak yang mengatakan bahwa Liga Inggris adalah liga paling kompetitif di dunia. Sehingga, banyak pemain yang sebelumnya bersinar di liga lain malah melempem kala merumput di Inggris. Banyak pesohor sepak bola yang gagal beradaptasi dengan pola permainan di dalamnya.

Dilansir dari situs Four Four Two, terdapat nama-nama besar yang harus merasakan kerasnya Liga Inggris hingga harus terdegradasi bersama klub yang mereka bela. Tim INDOSPORT coba merangkumnya, dan inilah lima pemain yang harus merasakan kerasnya persaingan di liga Inggris.

5. Gareth Southgate 

© GETTY IMAGES
Caption Copyright: GETTY IMAGESGareth Southgate kala masih aktif bermain

Pria yang kini menjadi manajer Timnas Inggris ini pernah merasakan harus terdegradasi dengan timnya, Crystal Palace pada musim 1994/95. Kala itu Southgate merupakan bek tengah yang cukup hebat dan merupakan salah satu kapten termuda di liga.

Namun, kehebatannya tidak mampu membawa Crystal Palace bertahan di liga Inggris dan harus puas duduk di posisi 19 dari 21 tim yang berkompetisi.

4. Craig Bellamy

©
Caption Copyright: Craig Bellamy kala membela Timnas Wales

Bagi pendukung Liverpool maupun Manchester City pasti mengenal sosok yang terkenal bengal ini. Bellamy pernah harus merasakan degradasi kala membela Conventry City pada musim 2000/01. Penampilannya waktu itu tak semoncer saat dirinya membela Norwich City. Bersama Conventry, Belllamy hanya mampu mencetak 6 gol dari 34 pertandingan.

3. Scott Parker

© INDOSPORT
Scott Parker, pelatih sementara Fulham FC. Copyright: INDOSPORTScott Parker, pelatih sementara Fulham FC.

Mantan pemain Chelsea ini harus merasakan degradasi kala membela West Ham pada musim 2010/11.

Dianggap sebagai salah satu gelandang Inggris yang paling konsisten hingga dipanggil untuk membela Timnas Inggris tak menjamin performanya bersama The Hammers berbanding lurus. Pasalnya, pada musim tersebut, West Ham harus terdegradasi karena berada di posisi buncit klasemen liga Inggris.

2. Juninho

© Getty Images
Caption Copyright: Getty ImagesJuninho Paulista kala membela Middlesbrough

Bukan. Ini bukan Juninho si raja tendangan bebas. Namun Juninho Paulista. Meski kalah mentereng dengan Juninho si raja tendangan bebas, namun pria kecil ini merupakan idola warga Brasil.

Bahkan ia pernah membawa negaranya menjuarai Piala Dunia 2002. Pria berjuluk The Little Fella ini juga merupakan idola fans Middlesbrough karena berhasil membawa timnya mencapai final FA Cup dan Piala Liga.

Meski tampil apik, ia tetap harus terdegradasi bersama timnya musim 1996/97 karena hanya mampu meraih 39 poin dan duduk di peringkat 19.

1. Roy Keane

© Indosport
Roy Keane setelah resmi membela Manchester United. Copyright: IndosportRoy Keane setelah ditransfer Manchester United dari Nottingham Forest

Siapa yang tak kenal dengan pemain legendaris ini? Pemain yang dikenal dengan gaya permainannya yang keras ini pernah merasakan degradasi bersama Nottingham Forest pada musim 1992/93.

Meski pada tahun tersebut masuk dalam PFA Team of the Year, tetap saja ia tak mampu membawa skuat asuhan pelatih legendaris, Brian Clough, bertahan di liga Inggris. Performanya yang apik kala itu, membuat Sir Alex Ferguson 'menyelamatkannya' dan meraih berbagai gelar bersama Manchester United.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT