Liga Indonesia

3 Negara Pemasok Pemain Asing Terbanyak di Liga 1 2019

Senin, 22 April 2019 13:46 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT/Yooan Rizky Syahputra
Logo Liga 1 2019. Copyright: © INDOSPORT/Yooan Rizky Syahputra
Logo Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM - Sejauh ini terdapat tiga negara yang menjadi pemasok pemain asing terbanyak di Liga 1 2019 dan kemungkinan masih bisa bertambah.

Kompetisi sepak bola Liga 1 2019 akan dimulai pada 8 Mei mendatang. Sedangkan setelah akhir turnamen musim lalu hingga kini bursa transfer masih berjalan.

Operator kompetisi Liga 1 2019 pun menerapkan aturan kepada klub untuk merekrut pemain asing maksimal empat, yang terdiri dari tiga pemain non-Asia dan satu dari Asia.

Sejauh ini, tepatnya pasca Piala Presiden 2019, beberapa klub telah mendepak atau mendatangkan pemain asing baru karena kinerjanya yang kurang memuaskan.

Sekarang saja, ada empat klub yang belum memenuhi kuota pemain asing. Namun dalam waktu dekat slot tersebut akan terisi penuh.

© Tiyo Bayu Nugroho/INDOSPORT
Ilustrasi logo Liga 1 2019. Copyright: Tiyo Bayu Nugroho/INDOSPORTIlustrasi logo Liga 1 2019.

Pemain sepak bola asing yang dikontrak klub Liga 1 2019 pun datang dari berbagai negara. Mulai dari benua Amerika Latin, Eropa, Afrika, hingga Asia.

Meski begitu sejauh ini terdapat tiga negara yang menjadi pemasok pemain asing terbanyak untuk klub Liga 1 2019. Negara mana saja kira-kira?

1. Brasil

© ISTIMEWA
Caption Copyright: ISTIMEWAIlustrasi bendera Brasil.

Brasil menjadi negara pemasok pemain asing terbanyak ke klub-klub di Liga 1 2019. Bagaimana tidak, Brasil bagai primadona dalam menyajikan talenta istimewa di Indonesia.

Sejauh ini total ada 23 pemain asing asal Brasil yang telah dikontrak oleh klub Liga 1 2019. Namun perlu diketahui kalau saat ini ada yang sedang mengurus proses naturalisasi.

Ialah bek Persebaya Surabaya Otavio Dutra yang telah cukup lama bermain di Indonesia. Masih ada kemungkinan pemain dari Brasil masih bisa bertambah.

2. Belanda

© Pixabay
Bendera Negara Belanda. Copyright: PixabayBendera Negara Belanda.

Kemudian ada negara Belanda yang juga menjadi pemasok pemain asing terbanyak di Liga 1 2019. Total sejauh ini ada empat pemain yang dikontrak klub.

Ialah Melvin Platje (Bali United), Jan Lammers (Borneo FC), Wiljan Pluim (PSM Makassar), dan Marc Klok (PSM Makassar).

Untuk nama terakhir juga sedang dalam melakukan proses naturalisasi. Namun diingatkan lagi kalau klub lain bisa saja mendatangkan pemain dari Belanda.

3. Korea Selatan

© salamkorea.com
Bendera Korea Selatan. Copyright: salamkorea.comBendera Korea Selatan.

Kemudian ada Korea Selatan yang telah menyuplai pemain asing terbanyak ke klub-klub Liga 1 2019. Saat ini ada empat pemain asing yang telah dikontrak.

Yoo Jae-Joon (Barito Putera), Lee Yoo-joon (Bhayangkara FC), Yoo Hyun-goo (Kalteng Putra), hingga Oh In-kyun (Persipura Jayapura).

Meski begitu jumlah tersebut bisa bertambah atau berkurang mengingat Yoo Jae-hoon saat ini sedang melakukan proses naturalisasi.

Selain tiga negara tadi ada pula wakil Jepang, Argentina, hingga Uzbekistan yang telah menyuplai sebanyak tiga pemain asing sejauh ini.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia dan Berita Sport Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.